Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Senin, 22 Oktober 2018

Cerpen "Penaklukkan Andalusia"


Penaklukkan Andalusia 

Dahulu kala berdirilah sebuah Kerajaan di Semenanjung Iberia. Kerajaan ini bernama Hispania dan dikuasai oleh orang Kristen Visigoth. Pada kala itu, Kerajaan Hispania dikuasai oleh seorang Raja bernama Roderick yang berkuasa setelah menggulingkan tahta Raja sebelumnya. Hidup di Kerajaan Hispania tidaklah mudah. Rakyat kerajaan Hispania selalu mengalami penderitaan dan kesengsaraan. Hal ini disebabkan oleh penguasa Kerajaan Hispania yang bersikap kejam dan sewenang-wenang.

Di lain pihak, Islam telah menancapkan kekuasaannya hingga ke wilayah Afrika Utara. Saat itu, Islam ingin mengibarkan panji-panji Islam di Eropa termasuk di Semenanjung Iberia. Oleh karena itu, Kerajaan Hispania termasuk ke dalam wilayah tujuan penaklukkan Islam.

Islam pun mengirimkan pasukan untuk melakukan pengintaian dan pengumpulan informasi. Hari itu pasukan Islam yang dipimpin oleh Tharif dan berjumlah 500 orang berangkat dari Afrika Utara dengan penuh semangat yang membara. Pasukan tersebut mendarat di Kepulauan Tarifa yang terletak di antara selat Maroko dan benua Eropa. Dengan doa dan semangat jihad di dada, akhirnya pasukan pengintai kembali ke Afrika Utara membawa keberhasilan dan banyak harta rampasan serta informasi yang berharga.

Berkat informasi dari Tharif, Musa Ibn Nushair yang merupakan pemimpin Islam di Afrika Utara mengirimkan pasukan muslim yang dipimpin oleh Thariq untuk menaklukkan Semenanjung Iberia. Pasukan tersebut berjumlah 7000 orang. Menjelang hari keberangkatan segala persiapan telah dilakukan. Semua hal telah disusun secara matang. Berbekal doa dan semangat yang berkobar, pasukan muslim yang dipimpin oleh Thariq berangkat dari Afrika Utara dan sampai di Gibraltar. Disana Thariq dan pasukannya berhenti sejenak. Thariq memberikan motivasi dan semangat bagi pasukannya yang akan terjun ke medan perang. Di Gibraltar Thariq mendapatkan pasukan tambahan sebanyak 5000 orang sehingga pasukannya menjadi 12000 orang. Akhirnya Thariq pun memimpin pasukannya tersebut menuju ke medan jihad dengan penuh semangat yang membara.

Di sepanjang perjalanan panji-panji Islam terus berkibar. Semangat jihad pun terus berkobar di dalam diri pasukan muslim. Akhirnya sampailah mereka di Lembah Bakkah. Disana pasukan Raja Roderick telah menanti. Pertempuran pun tak terelakkan. Pasukan muslim dengan semangat jihadnya berperang melawan pasukan Raja Roderick. Pertumpahan darah pun terjadi di kedua belah pihak. Pada kala itu prinsip umat Islam hanya satu yaitu menang atau menjadi syahid. Setelah sekian lama, akhirnya pertempuran berakhir dengan kemenangan di tangan pasukan muslim. Takbir pun menggema dengan diiringi rasa syukur dari pasukan muslim dan kibaran panji-panji Islam di tangan mereka. Dengan kemenangan ini, gerbang penaklukkan Semenanjung Iberia menjadi terbuka.

Sedikit demi sedikit daerah di Semenanjung Iberia perlahan ditaklukkan. Musa Ibn Nushair dan pasukannya juga ikut berperan membantu Thariq untuk menaklukkan daerah- daerah di Semenanjung Iberia. Akhirnya setelah melewati perjuangan yang panjang, seluruh daerah dan kerajaan di semenanjung Iberia berada dalam kekuasaan Islam. Rakyat yang sebelumnya menderita pun dapat memperoleh kemakmuran. Perkembangan Islam juga berkembang pesat di wilayah tersebut. Akhirnya setelah berhasil ditaklukkan oleh Islam pada tahun 711 M, Semenanjung Iberia pun dikenal dengan nama Al-Andalus atau Andalusia.

TAMAT

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons