Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Minggu, 27 November 2016

Makalah EEPROM






MAKALAH
EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)





”Untuk Memenuhi Tugas Mata Pelajaran Sistem Komputer
Kelompok 5
Kelas : X TKJ A
Disusun Oleh :
Tania Eka Umami Vavarianti




SMK NEGERI 1 KOTA BEKASI
Jl. Bintara VIII No. 2 Kelurahan Bintara Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat Indonesia Kode Pos 17134







KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Sistem Komputer yang membahas tentang EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory) ini. Kami berharap agar makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi sumber referensi siswa maupun guru sehingga pembaca memiliki ilmu pengetahuan yang lebih luas mengenai EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).
         Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini. Tanpa kerja keras dan bantuan pihak lain, pastilah penyusun tidak dapat membuat makalah ini dengan baik.
            Dalam menyusun makalah ini, tidak sedikit hambatan yang telah penyusun lalui. Hal itu tentu mempengaruhi isi daripada makalah yang telah disusun ini. Berkenaan dengan hal tersebut, kesalahan dalam makalah pastilah ada. Oleh karena itu, kami berharap agar pembaca dapat memberi kritik dan saran demi tercapainya kesempurnaan makalah yang ini.







Bekasi, 25 November 2016



 






DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
1.2   Tujuan
1.3   Rumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
2.2    Pengertian EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)
2.3    Kegunaan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)
2.4    Cara Kerja EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)
2.5    Kelebihan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)
2.6    Kekurangan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)
2.7    Perkembangan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)
BAB III PENUTUP
            3.1 Kesimpulan
            3.2 Saran
            3.3 Dokumentasi Gambar
DAFTAR PUSTAKA



(Note : daftar isi di isi sesuai halamannya)




BAB I
PENDAHULUAN


            1.1             Latar Belakang

Perkembangan zaman yang semakin lama semakin tidak bisa dibendung membawa kita pada alat canggih seperti komputer dan laptop. Hampir semua orang pasti sudah mengenalnya, bahkan memiliknya. Untuk dapat mengoperasikan dan mengetahui kegunaannya pun sudah biasa. Namun tidak banyak yang mengerti mengenai komponen - komponen penyusun alat canggih ini. Bagaimana alat canggih ini dapat beroperasi, bagaimana ia menyimpan setiap data - data yang kita buat, berapa banyak data yang dapat kita simpan, para pengguna biasanya tidak perduli akan kapasitas dan kemampuan penyimpanan laptop mereka. Yang penting bagi mereka adalah mereka dapat mengoperasikan komputer atau laptop untuk menyelesaikan tugas mereka, meyimpannya, dan membukanya ketika mereka membutuhkan. Media penyimpanan (memori) memiliki 7 karakteristik. Karakteristik memori tersebut antara lain berdasarkan lokasi, kapasitas, satuan transfer, metode akses, kinerja, tipe fisik, dan karakteristik fisik. Karakteristik memori berdasarkan tipe fisik terbagi menjadi memori semi konduktor dan memori magnetik. Memori semi konduktor adalah memori komputer yang terbuat dari bahan semikonduktor, perangkat penyimpanan data elektronik ini biasanya diimplementasikan ke sebuah semikonduktor berbasis sirkuit terpadu (IC). Berdasarkan kemampuannya dalam menahan data saat tidak ada tegangan, memori semikonduktor dibedakan menjadi non-volatile dan volatile. Jenis - jenis memori semi konduktor adalah RAM, ROM, PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM. EEPROM merupakan perkembangan dari EPROM yaitu pengembangan ROM untuk menjawab kekurangan PROM.


            1.2             Tujuan

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini adalah :

·        Umum :

     1.      Untuk mengetahui apa itu pengertian dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).
    2.  Untuk mengetahui apa saja kegunaan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).
      3.      Untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).
     4.      Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).
     5.      Untuk mengetahui apa saja kekurangan dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).
      6.      Untuk mengetahui bagaimana perkembangan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).

·        Khusus :


Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Sistem Komputer mengenai materi kelas X tentang EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory).



           1.3             Rumusan Masalah

                 1.      Apa yang dimaksud dengan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)?
            2.      Apa saja kegunaan dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)?
          3.      Bagaimana cara kerja EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)?
            4.      Apa saja kelebihan dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)?
             5.      Apa saja kekurangan dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)?
               6.      Bagaimana perkembangan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)?




BAB II
PEMBAHASAN


            2.1             Pengertian EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)

EEPROM atau kadang ditulis E²PROM merupakan singkatan dari Electrically Erasable Programmable Read-only Memory. EEPROM adalah sejenis chip memori yang merupakan salah satu jenis memori semikonduktor yang bersifat non volatile. Itu berarti EEPROM yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut tidak terhapus atau tetap terjaga meskipun sumber daya diputuskan. Oleh karena itu, untuk mempertahankan atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya tidak membutuhkan daya listrik. EEPROM dapat dihapus dan diprogram/ditulis kembali. Ada dua macam cara akses baca/tulis pada EEPROM, yaitu secara paralel atau secara seri (serial). Akses paralel tentulah lebih cepat namun memerlukan pin terminal data yang lebih banyak sesuai lebar machine-word dari chip tersebut. Akses serial lebih lambat karena data harus dimasukkan secara berurutan bit per bit lewat shift register internal, namun lebih praktis karena hanya memerlukan 2 atau 3 pin saja (data masukan / keluaran + clock).
EEPROM merupakan pengembangan dari EPROM yang merupakan pengembangan dari ROM. EEPROM ditemukan oleh George Perlegeos dari Perusahaan Intel. Hal ini bermula ketika muncul keinginan untuk membuat EPROM dapat menghapus dirinya sendiri tanpa perlu menggunakan sinar ultraviolet dari luar. Kemudian setelah tujuh tahun berlalu, akhirnya George Perlegeos menemukan cara untuk membuat EPROM dapat menghapus dirinya sendiri tanpa perlu menggunakan sinar ultraviolet dari luar, yaitu dengan membuat lapisan oksida penghambat yang lebih tipis dan memanfaatkan efek induksi dari medan elektrostatis pada elektron yang dikenal dengan nama "Field Electron Emission", turunan dari persamaan Fowler-Nordheim-type. Chip yang dapat menghapus dirinya sendiri secara elektris ini disebut dengan nama EEPROM.


            2.2             Kegunaan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)

EEPROM adalah komponen yang banyak digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan konfigurasi data pada peralatan elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun sumber daya diputuskan, seperti tabel kalibrasi atau kofigurasi perangkat. Kapasitas atau daya tampung simpan datanya sangat terbatas. Beberapa jenis EEPROM keluaran pertama mungkin hanya dapat dihapus dan ditulis ulang (erase-rewrite) sebanyak 100 kali, sedangkan model terbaru bisa sampai 100.000 kali. Pada sistem hardware komputer, chip EEPROM umumnya digunakan untuk menyimpan data konfigurasi BIOS dan pengaturan (setting) sistem yang berhubungan dengannya.

            2.3             Cara Kerja EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)

Cara kerja dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory) adalah dengan menyalin data yang ada di EEPROM ke sebuah microprosesor sehinggan dapat di monitor dan dilakukan perubahan pada beberapa bagian yang diperlukan. Kelebihan EEPROM ini adalah data yang disimpan di dalamnya bisa bertahan selama bertahun - tahun. Jadi walaupun mesin dimatikan dan tidak ada kejadian yang bersifat insidentiel, tidak perlu khawatir apabila program akan hilang. Walaupun begitu, terlalu sering melakukan perubahan pada isi kedua benda ini, juga bisa mempengaruhi lapisan - lapisan insulated oksida yang ada di dalamnya. Kemungkinan kerusakan atau yang membuat IC ini menjadi tidak stabil (data memorinya) adalah karena adanya tegangan-tegangan electric yang tidak normal (lonjakan tegangan misalnya).


2.4             Kelebihan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory), yaitu :

1.      Dibandingkan dengan EPROM, EEPROM dapat dihapus secara elektris menggunakan cahaya ultraviolet sehingga prosesnya lebih cepat. Penghapusan juga dapat dilakukan secara elektrik dari papan circuit dengan menggunakan perangkat lunak EEPROM Programmer. Alat yang dapat digunakan untuk menghapus isi EEPROM disebut EEPROM Rewriter.
2.      Tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya.
3.      Dapat di upgrade atau di modifikasi sebagian atau keseluruhan isi dari program BIOS tersebut sesuai dengan keinginan kita.
4.      Dapat di backup atau di buat cadangannya, bila suatu saat master dari BIOS tersebut rusak atau programnya sebagian atau keseluruhannya terhapus.

            2.5             Kekurangan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)

Selain memiliki banyak kelebihan, EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory) juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain :

1.      Tidak seperti RAM, EEPROM memiliki batasan dalam hal baca-tulis memori.
2.      Virus dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan di dalam BIOS tersebut.
3.      Arus listrik yang tidak stabil dapat merusak sebagian atau keseluruhan isi dari program yang tersimpan di dalam BIOS tersebut.


            2.6             Perkembangan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory)

Pengembangan EEPROM lebih lanjut menghasilkan bentuk yang lebih spesifik, seperti flash memory. Flash memory lebih ekonomis daripada EEPROM tradisional, sehingga banyak dipakai dalam perangkat keras yang mampu menyimpan data statik yang lebih banyak. Flash memory ini mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Flash memori digunakan untuk USB flash drive, kartu memori, MP3/MP4 Player, Kamera Digital, dan telephone genggam. Flash memori saat ini disebut juga NAND flash, karena menggunakan mekanisme gerbang logika NAND untuk melakukan operasi baca dan tulis data.





BAB III
PENUTUP


            3.1             Kesimpulan

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory, ditulis pula dengan E2PROM) adalah sejenis chip memori tidak terhapus yang digunakan dalam komputer dan peralatan elektronik lain untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut yang tetap harus terjaga meskipun sumber daya diputuskan, seperti tabel kalibrasi atau kofigurasi perangkat.
Pengembangan EEPROM lebih lanjut menghasilkan bentuk yang lebih spesifik, seperti  flash memory. Memori kilat lebih ekonomis daripada perangkat EEPROM tradisional, sehingga banyak dipakai dalam perangkat keras yang mampu menyimpan data statik yang lebih banyak (seperti USB flash drive).
Kelebihan utama dari EEPROM dibandingkan EPROM adalah ia dapat dihapus per blok data tergantung alamat yang diinginkan untuk dihapus secara elektrik. sementara EPROM tidak bisa dihapus per blok data tetapi keseluruhannya terhapus dan menghapus datanya dengan sinar ultraviolet. Jika RAM tidak memiliki batasan dalam hal baca-tulis memori, maka EEPROM sebaliknya. Beberapa jenis EEPROM keluaran pertama hanya dapat dihapus dan ditulis ulang (erase-rewrite) sebanyak 100 kali sedangkan model terbaru bisa sampai 100.000 kali.

            3.2             Saran

Dengan adanya tugas Sistem Komputer membuat makalah mengenai EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory), maka kita diharapkan lebih mengetahui tentang EEPROM khususnya dan memori semikonduktor umumnya. Kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diperlukan untuk menyempurnakan makalah ini, karena makalah ini masih banyak memiliki kekurangan.


            3.3             Dokumentasi Gambar










DAFTAR PUSTAKA






Nah itulah makalah tentang EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-only Memory) yang telah saya susun. Makalah ini masih banyak memiliki kekurangan, oleh karena itu saran pembaca sangat dibutuhkan demi kesempurnaan makalah ini. Jadilah pembaca yang bijak dengan memberikan saran yang membangun. Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan pembaca. Jangan lupa like dan commentnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.






Share:

2 komentar:

  1. Hi, kenal sama mesinkeramik.blogspot?
    Saya email yahoo nya tapi mati.
    Email saya budilaks@gmail.com

    Saya mau belajar password PLC dan nanya harga cracker nya kalau ada.
    Terimakasih

    BalasHapus

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons