Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Jumat, 23 November 2018

Review dan Tanggapan Film Senyap


Review Film “Senyap”

Senyap adalah sebuah film dokumenter yang ditayangkan pada tahun 2014 dengan sutradarai oleh Joshua Oppenheimer. Film Senyap ini merupakan sekuel dari film pertamanya yaitu Jagal. Sebelum saya memberikan tanggapan dan pendapat saya mengenai film Senyap, saya ingin membahas sedikit jalan cerita dari film Senyap.

Senyap adalah film yang menceritakan mengenai seorang tukang kacamata keliling yang bernama Adi. Adi merupakan adik dari seorang kakak yang terbunuh pada peristiwa pembantaian setelah terjadinya G30S 1965. Dalam film tersebut, Adi berkeliling ke daerah tempat kakaknya terbunuh dahulu yaitu di daerah Sumatera dengan mendatangi dan mewawancarai para algojo ataupun keluarga algojo yang pernah terlibat dalam peristiwa tersebut. Berbagai penjelasan mengenai kejadian pada masa itu pun disajikan dalam film tersebut, mulai dari peristiwa penculikan simpatisan pki hingga tata cara pembunuhan dan gangguan mental yang dialami para algojo.

·        Tanggapan

Setelah menyaksikan film tersebut, banyak fakta yang akhirnya bermunculan dalam pikiran saya. Hal itu terjadi karena film ini menghadirkan fakta-fakta baru terhadap sejarah kelam Indonesia pada masa lalu. Namun, saya masih belum tau mana fakta yang memang benar-benar terjadi. Walaupun begitu, sungguh pembantaian yang terjadi pada tahun 60 an tersebut sangatlah kejam. Rakyat telah terhasut dan karena kekuasaan yang berkata semua itu terjadi. Hukum pada saat itu seperti memakai hukum rimba karena tidak ada keadilan. Walaupun dia tidak bersalah tetapi kalau terdapat jari yang menunjuk dia sebagai pki maka nyawa akan melayang.
Mungkin memang pada saat itu untuk menghapuskan komunis dari NKRI harus dilakukan dengan tegas dan hingga sampai ke akarnya supaya tidak ada lagi komunis yang bermunculan. Namun tetap saja, sungguh sangat mahal harga yang harus dibayar untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan ribuan bahkan jutaan nyawa rakyat Indonesia yang terlibat ataupun dituduh terlibat dengan komunis.

Pada waktu itu juga terasa suasana nya sangat mencekam. Seakan mengisyaratkan bahwa kita seperti dibunuh ataupun membunuh, Karena keselamatan diri sendiri saja sudah sewaktu-waktu terancam, apalagi kalau ingin menyelamatkan nyawa orang lain. Hal itu terlihat di salah satu scene dalam percakapan Adi dengan Pamannya. Disana pamannya mengungkapkan bahwa dia menjaga tahanan tempat Ramli, kakaknya Adi ditahan. Walaupun begitu, pamannya sendiri tidak memiliki kuasa untuk menolong Ramli karena keselamatannya sendiri juga dapat sewaktu-waktu terancam. Peristiwa yang terjadi pada kala itu juga menyebabkan Indonesia menjadi tidak stabil baik secara keamanan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Walaupun lama-kelamaan jadi lebih stabil akibat pemerintahan yang tegas dan otoriter dari Presiden Soeharto.

Selain dari tanggapan mengenai peristiwa yang terjadi dalam film, saya juga berpikir mengenai tokoh yang berperan dalam film. Film documenter dibuat berdasarkan fakta seperti sejarah dengan narasumber yang sebenarnya. Saya memikirkan bagaimana nasib narasumber yang menjadi algojo ataupun keluarga algojo pada film tersebut. Pasti mereka bisa mendapatkan stigma negatif dari orang-orang yang telah menonton film ini. Padahal apabila itu yang menjadi narasumber adalah keluarga algojo nya, mereka tidak tau apa-apa dan seakan harus juga memikul tanggung jawab atas kesal yang telah dibuat anggota keluarganya pada masa lalu. Mereka juga harus mendapatkan pandangan negative dari orang lain.

Walaupun fakta-fakta baru masih terus bermunculan dan belum diketahui mana yang merupakan kebenaran mengenai peristiwa sejarah yang terjadi di negeri tercinta kita ini, namun kita harus menjadikan sejarah tersebut sebagai sebuah pembelajaran. Karena sejarah itu penting supaya kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons