Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Jumat, 31 Maret 2017

Menggunakan Cloud sebagai Internet di GNS3


Menggunakan Cloud sebagai Internet di GNS3

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membahas tentang tutorial menggunakan cloud sebagai internet pada simulasi jaringan GNS3. Disini saya akan membuat supaya router yang merupakan client dari cloud dan server dari vpcs dapat terhubung ke Internet. Dan begitupula vpcs yang merupakan client dari router juga dapat terhubung ke Internet. Untuk itu, silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

     1.      Buka aplikasi GNS3 nya.


     2.      Setelah itu, kita cari Cloud  lalu drag and drop Cloud tersebut ke bagian kerja GNS3.


     3.      Lalu kita konfig agar Cloud tersebut memiliki port yang bisa kita sambungkan ke router klik dengan klik kanan cloudnya dan pilih Configure.


     4.      Kemudian kita pilih clud yang kita gunakan, lalu kita pilih adapter “Virtualbox Host-only” dan “add” untuk menambahkan adapter tersebut, setelah itu, klik Apply dan OK.


     5.      Lalu kita Drag and Drop Switch karena cloud tidak bisa dihubungkan langsung dengan router jadi kita menggunakan switch.


      6.      Kemudian kita drag and drop router qemu yang telah kita buat sebelumnya.


      7.      Setelah itu, kita drag and drop juga vpcs yang akan menjadi client dari router.


     8.      Lalu kita akan menyambungkan perangkat yang telah kita drag and drop. Pertama kita sambungkan Cloud dengan port VirtualBox host-only ke switch dengan port 1. Kemudian kita hubungkan switch dengan port 2 ke router dengan port ethernet0. Setelah itu, kita hubungkan router dengan port Ethernet1 ke PC dengan port ethernet0.


     9.      Saatnya kita untuk memulai Router Mikrotik nya dengan cara klik kanan pada routerqemu nya dan kita klik start.


     10. Supaya kita bisa melihat port yang terhubung antar device, kita klik icon di bawah ini.


     11. Setelah itu, kita akan membagikan koneksi Internet dengan cloud. Kita klik “open network and sharing center” lalu kita pilih “change adapter settings” setelah itu kita pilih adapternya, karena saya menggunakan koneksi wireless dari hp saya maka saya klik wireless kemudian saya klik kanan pilih properties.


     12. Lalu kita pilih sharing dan kita klik centang pada “Allow other network user to connect through this computer’s Internet connection” dan kita arahkan ke Virtualbox Host-only, lalu kita klik OK.


     13. Kemudian kita lihat Adapter Virtualbox host-only nya untuk lihat IP berapa yang kita dapat untuk gateway ke internet dengan cara klik kanan adapter Virtualbox host-only lalu pilih Properties dan klik Internet Protocol Ipv4.


     14. Setelah itu, kita kembali ke GNS3 dan kita akan mulai mengkonfigurasi routerqemu nya dengan cara klik kanan kemudian pilih console.


     15. Lalu kita tunggu beberapa saat sampai ada perintah login. Kita login saja sebagai admin dan password nya blank.


     16. Kemudian kita buat IP address yang mengarah ke Cloud dengan kita IP yang diberikan masih dalam network yang sama dengan IP Virtualbox nya. Untuk membuat IP address ketikkan “ip address add address=(ip address nya) interface=(interface yang mengarah ke switch dan cloud)”, conntohnya : ip address add address=192.168.137.2/24interface=ether1. Kemudian untuk melihat ip address yang telah kita buat kita bisa menggunakan perintah “ip address print”.


     17. Masukkan ip gateway yang kita peroleh dari cloud nya yaitu 192.168.137.1 supaya router kita bisa terkoneksi ke cloud. Kita ketikkan perintah “ip route add gateway=(masukkan ip nya)”, contohnya : ip route add gateway=192.168.137.1. Lalu untuk melihat ip gateway nya kita ketikkan perintah “ip route print”.


     18. Kemudian kita allow dnsnya supaya bisa mengakses Internet mengakses internet dengan perintah “ip dns set server=192.168.137.1 allow-remote-request=yes” lalu kita enter. Dan untuk melihat dns nya kita gunakan perintah “ip dns print”.


     19. Lalu kita akan melakukan ping ke google.com atau 8.8.8.8 untuk mengetahui apakah router nya sudah terhubung ke internet atau belum.


     20. Kalau router nya sudah terhubung ke Internet, kita akan melanjutkan untuk membuat IP address untuk gateway bagi pc yang bertindak sebagai client dari router. Kita ketikkan “ip address add address=(masukkan ip address nya) interface=”interface yang digunakan yaitu yang mengarah ke pc client”, contohnya : ip address add address=10.10.10.1/24 interface=”ether2”.


     21. Setelah itu, kita akan memberikan IP address untuk VPCS yang bertindak sebagai client dari routernya dengan cara klik kanan lalu pilih console untuk memulai konfigurasi.


     22. Lalu untuk memberikan ip address nya kita ketikkan perintah “ip (ip address yang masih satu network dengan gateway) (ip gateway)”, contohnya : ip 10.10.10.2/24 10.10.10.1 . Setelah itu, kita enter.


     23. Kita kembali lagi ke router untuk mengkonfigurasi ip firewall nat dengan menyamarkan IP local kita menjadi IP publik supaya client bisa terhubung dengan internet. Untuk perintahnya kita ketikkan “ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquarade”.


     24. Lalu kita kembali ke VPCS nya dan kita berikan IP DNS nya dengan mengetikkan “ip dns (ip gateway router untuk pc)”, contoh : ip dns 10.10.10.1.


      25. Setelah itu, kita akan mencoba untuk melakukan ping ke google.com atau 8.8.8.8 . Apabila ping berhasil berarti virtual PC kita telah terhubung ke Internet.


Nah itulah tutorial bagaimana caranya menggunakan cloud sebagai internet di GNS3. Untuk saran atau kekurangan dari tutorial ini silahkan anda utarakan di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.\

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Share:

2 komentar:

  1. kalau untuk router selain mikrotik gimana bang ?

    BalasHapus
  2. Saat ping dari mikrotik masih timeout, gimana bang

    BalasHapus

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons