Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Minggu, 13 November 2016

Komunikasi Daring



Komunikasi Daring


            Assalamu’alaikum Wr. Wb.

            Kali ini saya ingin mengulas mengenai materi Komunikasi Daring. Istilah  komunikasi daring itu mengacu terhadap membaca, posting, dan berkomunikasi melalui atau menggunakan jaringan komputer. Dengan kata lain, komunikasi daring atau komunikasi dalam jaringan adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. 

Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace. Komunikasi daring atau komunikasi virtual pada abad ini bisa dilakukan dimana saja. Dengan salah satu wujud komunikasi virtualnya yakni pada pemakaian Internet.

·        Sejarah Komunikasi Daring

Komunikasi dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah Universitas of Hawaii yang memiliki daerah yang luas dan berkeinginan unuk menghubungkan komputer - komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada komputer) dengan nama "ALOHA". Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang di dalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini berkembang menjadi nama Internet.

Internet berasal dari interconnected network yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3. Pada periode pertama, sejak pertengahan 1980-an para pendidik menemukan potensi media pendidikan untuk pengajaran bahasa.

Integrasi komunikasi yang dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu :

1.        Beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh,
2.       Pendidik mulai menggunakan program perangkat lunak sinkron untuk memungkinkan percakapan komputer antar kelas.

Komunikasi daring menjadi mungkin dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi atau PC ( personal computer). Latar belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan penelitian dapat dibagi menjadi dua periode yang berbeda, yaitu :  

a)     Ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980- an
b)    Munculnya World Wide Web pada pertengahan 1990-an.

·        Tujuan Komunikasi Daring

Komunikasi daring bertujuan untuk :
1)      Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar  secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
2)     Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
3)      Penggunaan komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi.
4)     Memudahkan pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.

·        Jenis - Jenis Komunikasi Daring

Komunikasi daring dibedakan menjadi komunikasi daring sinkron (serempak) dan komunikasi daring asinkron (tak serempak)

a)     Komunikasi Daring Sinkron (Serempak

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut :
-         Text Chat
Text chat yaitu sebuah fitur, penerapan, atau acara dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring.
-         Video Chat
Video chat adalah teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video dengan cara real time antara pengguna di tempat yang berbeda.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari Komunikasi Daring Sinkron (Serempak), yaitu :
a)     Yahoo
b)    We Chat
c)     Google Talk
d)    Line
e)     BBM
f)      Kakao Talk
g)     Whats App
h)    Skype
i)      Google Hangouts
j)      Imo
k)    Camfrog
         
b)    Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)

            Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda.
            Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.


·        Komponen Pendukung Komunikasi Daring

            Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia sebelum komunikasi daring dapat dilakukan. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut:

1.        Komponen Perangkat Keras (Hardware)

            Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata.     
            Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring adalah komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi Internet.


2.       Komponen Perangkat Lunak (Software)

          Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware).
            Program-program yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: skype, google+ hangout, dll.

 
3.       Komponen Perangkat Nalar atau Akal (Brainware)

            Termasuk dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.


·        Keunggulan Komunikasi Daring

Keunggulan komunikasi daring dibandingkan dengan komunikasi langsung secara tatap muka adalah sebagai berikut.

-         Dapat dilakukan kapan saja di mana saja
            Dengan komunikasi daring, tiap - tiap pengguna bisa melakukan komunikasi dimana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan Internet dan mempunyai fasilitas yang mencukupi.

-         Terintegrasi dengan layanan TIK
            Sambil melakukan komunikasi daring, kamu dapat menggunakan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut.

-         Meningkatkan intensitas berkomunikasi
            Komunikasi daring mendorong orang yang rata - rata diam di dunia nyata, jadi aktif di saat berkomunikasi di dunia maya.

-         Efisiensi biaya
            Berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring anda dapat menghemat biaya transportasi.

-         Efisiensi waktu
            Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi bisa diungkapkan pada saat itu pula dalam hitungan detik biarpun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.

-         Meningkatkan partisipasi
            Dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang bisa berpartisipasi dalam diskusi.

·        Kelemahan Komunikasi Daring

Namun, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan /kekurangan, yaitu sebagai berikut.

-         Tidak mewakili emosi pengguna
            Intonasi berbicara,raut muka, gerakan tubuh,yakni hal yang relatif susah untuk dipahami melalui komunikasi daring.

-         Memerlukan perangkat khusus
            Dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya perangkat keras komputer dan software.

-         Terlalu banyak informasi yang tidak penting
            Dalam komunikasi daring, lebih sering informasi yang di dapat jadi terlalu banyak, maka menciptakan bingung si penerima.

-         Menyita konsentrasi
            Melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda aspek yang lain, bahkan membahayakan orang lain ataupun diri sendiri.

Itu merupakan sedikit ulasan materi mengenai Komunikasi Daring. Oh iya semoga materi tadi dapat bermanfaat ya bagi pembaca sekalian. Selain itu, walaupun komunikasi daring itu memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dimana dan kapan saja, namun komunikasi langsung secara tatap muka juga sangat diperlukan untuk menjaga ikatan tali silaturahmi kita dengan orang lain. Jangan lupa juga untuk like, comment, share, and follow terus blog aku ya !!! :) :) :)

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons