Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Senin, 14 November 2016

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows


Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Windows


           
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

            Kali ini saya ingin membahas mengenai sejarah perkembangan sistem operasi Windows. Sistem operasi berbasis Windows yang sering digunakan pada masa sekarang ini merupakan suatu perkembangan dari Sistem operasi yang berbasis DOS. Berikut ini merupakan sejarah perkembangan Windows yang dimulai dari Sistem Operasi berbasis DOS :

1.                  Q-DOS

Sebuah Tim Paterson dari Seattle Computer menulis Q-DOS ( Quick and Dirty Operating Sytem ) yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. kemudian Q-DOS dipasarkan oleh Seatle Computer dangan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086. Kemudian Bill Gates dari perusahaan Windows membeli lisensi Q-DOS dan menjualnya keberbagai perusahaan computer di seluruh dunia. Dan itu memulai perkembangan system operasi windows

2.               PC DOS

Kemudian pada tahun 1981 sebuah perusahaan yang bernama IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk computer yang berbasis prosesor Intel 8086.

3.                  MS DOS

Kemudian ditahun yang sama  yakni 1981 perusahaan Microsoft juga meluncurkan OS menggunakan nama MS DOS untuk OS yang dijual diluar perusahaan diluar IBM.

4.                  MS DOS 2.0

Pada tahun 1983 perusahan Microsoft mengeluarkan versi terbaru dari MS DOS yakni MS DOS versi 2.0 diluncurkan pada computer PC XT.

5.                  Macintosh dan MS DOS

Pada tahun 1984 perusahaan Apple meluncurkan Macintosh , dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX system 1.0 merupakan system operasi pertama yang telah berbasis grafish dan menggunakan mouse. Dengan peluncuran Macintosh oleh Apple, perusahaan Microsoft tidak mau kalah. Microsoft kembali meluncurkan MS DOS dengan versi terbarunya yakni versi 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10MB. Setelah beberapa bulan Microsoft kembali membuat versi terbaru dari MS DOS dengan versi 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.

6.                  Windows 1.0



            Windows 1.0 merupakan versi pertama Microsoft Windows yang disebut dirilis pada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama “Windows” akan lebih “memikat” konsumen. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.

7.                  MS DOS 3.2

Pada tahun 1986 perusahaan Microsoft kembali meluncurkan MS DOS dengan versi 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB.

8.                  Windows 2.x



Windows versi 2.x dirilis pada tanggal 9 Desember 1987dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar popularitas Windows 2.x didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows. Windows versi 2.x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja. Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQ view.

9.               Windows 2.1


Dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1. Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versi yang pertama yang mendukung High Memory Area (HMA). Windows/386 2.1 memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasi Expanded Memory Specification (EMS) standar Lotus-Intel-Microsoft (LIM), pendahulu spesifikasi Extended Memory Specification (XMS) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC.                                                                   
10.              Windows 3.0


Windows 3.0 dirilis pada tahun 1990. Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0  merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386. Aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bit, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabene adalah prosesor 32-bit. Itu dikarenakan adanya fitur kompatibilitas ke belakang.

11.              OS/2 
              
Microsoft bekerja sama pada pertengahan hingga akhir tahun 1980 an dengan IBM dalam mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut sebagai IBM OS/2. OS/2 dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 Megabyte. Pada awal-awal tahun 1990an, hubungan antara Microsoft dan IBM pun meregang akibat munculnya sebuah konflik. IBM akhirnya melanjutkan pengembangan OS/2, sementara Microsoft mengganti nama sistem operasi OS/2 versi 3.0 (yang belum dirilis) menjadi Windows NT.
                                                                      
12.              Windows 3.1


Microsoft mengembangkan Windows 3.1, yang menawarkan beberapa peningkatan minor terhadapWindows 3.0 (seperti halnya kemampuan untuk menampilkan font TrueType Fonts, yang dikembangkan secara bersama-sama dengan Apple), dan juga terdapat di dalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug dan dukungan terhadap multimedia. Windows 3.1 menghilangkan dukungan untuk modus real, sehingga hanya berjalan pada modus terproteksi yang hanya dimiliki oleh mikroprosesor Intel 80286 atau yang lebih tinggi lagi.

13.              Windows NT    

Arsitek utama dari Windows NT adalah Dave Cutler, yang merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC). Windows NT mendapatkan dukungan device driver yang kurang begitu banyak karena memang mengembangkan driver untuk Windows NT dianggap rumit oleh beberapa pengembang, selain tentunya Windows NT juga memiliki superioritas dalam model abstraksi perangkat kerasnya. Windows NT dalam fitur - fitur jaringannya menawarkan beberapa pilihan konektivitas jaringan yang luas dan juga tentunya sistem berkas NTFS yang efisien. Windows NT merupakan sistem operasi Windows pertama yang dibuat dengan menggunakan kernel hibrida.                                           

14.              Windows 95


Windows 95 dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 berjalan dengan sendirinya di dalam modus 386 Enhanced, dengan menggunakan memori virtual dan model pengalamatan memori flat 32-bit. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut:

a.      Windows 95
b.      Windows 95 A
c.       Windows 95 B 
d.      Windows 95 B USB – atau Windows 95 OSR2.1
e.       Windows 95 C – atau Windows 95 OSR2.5

15.              Windows NT 4.0


Windows NT 4.0 memiliki antar muka yang sama dengan Windows 95, tetapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT, sehingga lebih stabil. Windows NT 4.0 datang dalam empat versi:

a.         Windows NT 4.0 Workstation
b.         Windows NT 4.0 Server
c.          Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition 
d.        Windows NT 4.0 Terminal Server        
                          
16.              Windows 98


Windows 98 dirilis pada 25 Juni 1998 dan dianggap revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95 dan dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. Pada tahun 1999, Microsoft merilis Windows 98 Second Edition, sebuah rilis yang menawarkan banyak peningkatan dibandingkan versi sebelumnya. 

17.              Windows 2000    
 

Windows 2000 dirilis pada 17 Februari 2000 yang ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server. Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory. Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni:

a.         Windows 2000 Professional
b.         Windows 2000 Server
c.          Windows 2000 Advanced Server
d.        Windows 2000 Datacenter Server
e.         Windows 2000 Advanced Server Limited Edition          
              
18.              Windows ME



Pada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows ME (Windows Millennium Edition ). Windows ME (Windows Millenium Edition) memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur “System Restore,” yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan. Fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows Me bahkan bisa diperoleh secara gratis dari situs Windows Update kecuali System Restore. Windows ME (Windows Millenium Edition) mendapat kritik karena munculnya masalah kestabilan, dan juga dukungan terhadap MS-DOS yang berjalan di dalam modus real. Orang-orang bahkan menyebut Windows Me sebagai Windows Mistake Edition.

19.              Windows XP



Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan) yang merupakan penyatuan dari versi Windows berbasis Windows 9x dan NT. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.

Beberapa versi Widows XP :
a.         Windows XP Home Edition
b.         Windows XP Home Edition N
c.          Windows XP Professional
d.        Windows XP Professional N
e.         Windows XP Media Center Edition (MCE)                   
                                                     
20.              Windows Vista


Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006 bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista dicanangkan memiliki keamanan tangguh dibandingkan dengan versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yangdisebut User Account Control (UAC). Windows Vista jmemperkenalkan fitur grafik yang lebih “memikat”, disebut dengan Windows Aero GUI. Selain itu, Windows Vista menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru (versi 11). 

21.              Windows 7


Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya yang dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009. Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi - aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama Home Group, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari tidak disertakan lagi di Windows 7, kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.                    

22.              Windows 8


Windows 8 Developer Preview dirilis ke publik pada tanggal 13 September 2011. Windows 8 Consumer Preview diluncurkan pada tanggal 29 Februari 2012, Pada tanggal 1 Agustus 2012, Windows 8 (build 9200) dirilis dengan nomor build 6.2.9200.16384. Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 25 Oktober 2012 dan meluncurkan Windows 8 untuk publik keesokan harinya.

Windows 8 memiliki beberapa edisi:
a.         Windows 8
b.         Windows 8 Pro
c.          Windows 8 Enterprise
d.        Windows RT

23.              Windows 8.1            


Rilis selanjutnya setelah Windows 8 adalah Windows 8.1, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blue. Tanggal 26 Juni 2013, build 9431 (Windows 8.1 Free Preview) dirilis ke publik. Pada tanggal 27 Agustus 2013, Windows 8.1 (build 9600) dirilis dengan nomor build 6.3.9600.16384. Microsoft mengadakan acara peluncuran pada 17 Oktober 2013 dan meluncurkan Windows 8.1 untuk publik keesokan harinya.

Sama seperti Windows 8, Windows 8.1 juga tersedia dalam 4 edisi yaitu:
a.         Windows 8.1
b.         Windows 8.1 Pro
c.         Windows 8.1 Enterprise
d.        Windows RT 8.1

24.              Windows 10


Windows 10 diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014 dan dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Windows 10 adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini digandrungi oleh banyak masyarakat. Windows 10 mulai perkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dan dirilis pada 29 Juli 2015. Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build. Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh (seperti komputer meja dan laptop).

Nah itu adalah ulasan mengenai materi sejarah perkembangan sistem operasi Windows sampai pada masa sekarang ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca.  Jangan lupa like, follow, dan comment nya J J J

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Share:

2 komentar:

  1. Area Kediri, Pare, Nganjuk, Jombang, Blitar, Tulungagung yang mencari sepatu sneaker Ventela bisa toko WilBOZ Kediri

    Info WA> 0821 4124 7227
    Alamat bisa di cek di Googlemap "wilboz kediri"
    IG. ventelakediri

    Tersedia berbagai produk Ventela, antara lain : Ventela public, Ventela BYS, Ventela Noir, dll

    BalasHapus

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons