Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Senin, 14 November 2016

Rangkaian Flip - Flop


Rangkaian Flip - Flop




Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya ingin membahas menganai materi rangkaian flip - flop. Rangkaian flip - flop merupakan unsur pengingat (memori) yang paling umum dipakai pada rangkaian berurut serempak. Rangkaian tak-serempak keluarannya berubah menurut perubahan masukannya dan keluaran itu dapat berubah setiap saat masukan berubah. Umumnya rangkaian tak - serempak ini memakai unsur tundaan waktu pada lintasan umpan baliknya. Oleh karena itu dibutuhkan unsur pengingat (memori) dan yang paling umum dipakai adalah flip - flop. Tundaan waktu ini biasanya diperoleh dari gerbang - gerbang pada lintasan itu. Setiap flip - flop dapat menyimpan satu bit (binary digit).

Apa sih flip - flop itu ?

Flip - Flop atau latch merupakan sirkuit elektronik yang memiliki dua arus stabil dan dapat digunakan untuk menyimpan informasi. Sebuah flip - flop merupakan multivibrator - dwistabil. Sirkuit dapat dibuat untuk mengubah arus dengan sinyal yang dimasukkan pada satu atau lebih input kontrol dan akan memiliki satu atau dua output. Ini merupakan elemen penyimpanan dasar pada Logika Sekuensial. Flip - flop dan latch merupakan bangunan penting dalam sistem elektronik digital yang digunakan pada komputer, komunikasi dan tipe lain dari sistem.

Flip  -flop dan latch digunakan sebagai elemen penyimpan data, seperti penyimpan data yang dapat digunakan untuk menyimpan memori, seperti sirkuit yang dijelaskan pada logika sekuensial. Ketika menggunakan Read-only Memory, output dan keadaan selanjutnya tidak hanya bergantung pada input awalnya saja, namun pula pada keadaan yang sekarang. Flip - flop juga dapat digunakan untuk menghitung detak, dan untuk mengsinkronisasikan input signal waktu variable untuk beberapa signal waktu yang direferensi.

Flip - flop dapat digunakan secara sederhana yaitu dengan menggunakan clock, sedangkan yang paling sederhana dinamakan latch. Kata "latch" lebih biasa digunakan untuk menyimpan data yang ada, sementara clocked devices dapat dikategorikan sebagai flip - flop.

Ada beberapa kondisi dalam flip - flop:

1.     Set yaitu jika suatu kondisi masukan mengakibatkan keluaran (Q) bernilai logika (1) saat dipicu, apapun kondisi sebelumnya.
2.      Reset yaitu jika suatu kondisi masukan mengakibatkan keluaran (Q) bernilai logika (0) saat dipicu, apapun kondisi sebelumnya.
3.     Tetap yaitu jika suatu kondisi masukan mengakibatkan keluaran (Q) tidak berubah dari kondisi sebelumnya saat dipicu.
4.     Toggle yaitu jika suatu kondisi masukan mengakibatkan logika keluaran (Q) berkebalikan dari kondisi sebelumnya saat dipicu.

            ·        Sejarah Flip - Flop

Flip - flop elektronik pertama ditemukan pada tahun 1918 oleh William Eccless dan F. W. Jordan. Awalnya dinamai Sirkuit Pemicu Eccles - Jordan dan berisi dua elemen aktif (tabung vakum). Seperti versi sirkuit dan transistornya yang sering dijumpai pada komputer walaupun setelah penemuan dari sirkuit integrasi, melalui flip - flop yang dibuat dari gerbang logika yang kita kenal sekarang.

            ·        Fungsi Flip - Flop

1.     Penyimpan data informasi 1 bit biner
2.     Mecacah pulsa
3.     Menahan atau mengingat pulsa trigger
4.     Menyerempakkan operasi aritmatika
5.     Menghitung detak dan untuk mengsinkronisasikan input sinyal waktu variabel untuk beberapa sinyal waktu yang direferensi

           ·        Prinsip Kerja Flip – Flop

-         Jika clock bernilai rendah (0) maka flip - flop J-K master akan tidak aktif, tetapi karena input clock flip - flop J-K slave merupakan komplemen dari clock flip - flop master maka flip - flop slave menjadi aktif, dan outputnya mengikuti output flip - flop J-K master.
-         Jika clock bernilai tinggi (1), flip-flop master aktif sehingga outputnya tergantung pada input J dan K, pada sisi lain flip-flop slave menjadi tidak aktif karena clock pemicunya bernilai rendah (0).
-         Pada saat sinyal detak berada pada tingkat tinggi, master-nya yang aktif dan slave-nya yang tidak aktif.
-         Pada saat sinyal detak berada pada tingkat rendah, master - nya yang tidak aktif dan slave - nya yang aktif.
-         Jika input J diberikan bersama - sama dengan tepi naik pulsa pemicu, flip - flop master akan bekerja terlebih dahulu memantapkan inputnya selama munculnya tepi naik sampai clock bernilai rendah (0).
-         Setelah clock bernilai rendah (0), flip - flop master akan tidak aktif dan flip - flop slave bekerja mentransfer keadaan output flip - flop master ke output flip - flop slave yang merupakan output flip - flop secara keseluruhan.

·        Jenis - Jenis Flip - Flop

                    1)    Flip - Flop SR (Set-Reset)


Flip - flop SR (set - reset) dapat dibuat dari gerbang NAND atau gerbang NOR yaitu rangkaian flip - flop yang mempunyai 2 output Q dan Q’. Simbol - simbol yang ada pada output selalu berlawanan satu dengan yang lain. SR-FF adalah flip -flop dasar yang memiliki dua masukan yaitu R (Reset) dan S (Set).

                    2)    Flip - Flop D (Data atau Delay)



Flip - flop D (data atau delay) merupakan pengembangan dari flip - flop SR yang digunakan untuk mengatasi output tidak valid pada Flip-Flop SR. Perbedaannya dengan flip-flop SR terletak pada inputan R. Pada flip-flop D, inputan R terlebih dahulu diberi gerbang NOT, maka setiap input yang diumpankan ke D akan memberikan keadaan yang berbeda pada input S-R.

                    3)    Flip - Flop JK


Flip - Flop JK adalah clocked SR-FF yang dilengkapi dengan sebuah terminal pulsa clock. Pulsa clock ini berfungsi mengatur keadaan Set dan Reset. Bila pulsa clock berlogik 0, maka perubahan logik pada input R dan S tidak akan mengakibatkan perubahan pada output Q dan Qnot. Akan tetapi apabila pulsa clock berlogik 1, maka perubahan pada input R dan S dapat mengakibatkan perubahan pada output Q dan Q not.

                    4)    Flip - Flop T (Toggle)


Flip - flop (toggle) adalah flip - flop yang mengkomplemenkan data yang disimpan jika mendapat input 1. merupakan rangkaian flip-flop yang dibangun dengan menggunakan flip - flop JK yang kedua inputnya dihubungkan menjadi satu maka akan diperoleh flip -flop yang memiliki watak membalik output sebelumnya jika inputannya tinggi dan outputnya akan tetap jika inputnya rendah.

Nah itu merupakan sedikit ulasan tentang rangkaian flip - flop. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi pembaca. Thanks for visit in my blog and keep visit my blog yeah !!!

            Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons