Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Jumat, 28 April 2017

Menginstall Mikrotik Menggunakan Netinstall


Menginstall Mikrotik Menggunakan Netinstall


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membahas mengenai tutorial bagaimana caranya menginstall ulang RouterBoard menggunakan netinstall. Hal ini dilakukan mungkin dikarenakan instalasi sebelumnya gagal, terdapat rusak atau lupa password untuk akses router. Netinstall sendiri adalah program yang berjalan pada komputer Windows yang memungkinkan Anda untuk menginstal MikroTik RouterOS ke PC atau ke RouterBoard melalui jaringan Ethernet. Untuk itu yang bisa digunakan untuk menginstall ulang Routerboard menggunakan netinstall adalah interface ether 1 saja. Netinstall ini berbeda dengan upgrade karena menggunakan netinstall ini berarti nanti terjadi formatting drive jadi akan dihapus dulu keseluruhan penyimpanannya baru akan dimasukkan sistemnya. Untuk tutorial menginstall mikrotik menggunakan netinstall silahkan simak yang berikut ini.

      1.       Buka aplikasi netinstall, apabila tidak ada maka bisa di download di www.mikrotik.com . Buka aplikasi netinstall sebagai administrator.


      2.       Kemudian klik Net Booting dan klik sampai ada tanda centang pada boot server enabled lalu kita masukkan IP Address untuk client nya dengan contoh 4.4.4.2 kemudian klik OK.


      3.       Setelah itu, kita ganti IP Address untuk PC kita menjadi satu network dengan IP Address yang kita masukkan pada netinstall tadi.


      4.       Setelah itu, kita hubungkan PC kita dengan router di interface ether1 menggunakan kabel UTP dan jangan lupa untuk menekan tombol reset bersamaan dengan memasang adapter routernya. Saat menekan tombol reset jangan terlalu kencang karena dapat merusak tombol reset routernya.

      5.       Lakukan hal tersebut secara bersamaan tanpa berhenti sampai router yang kita gunakan terdetect di netinstall. Router terdetect di netinstall rata-rata sekitar 30 detik, jadi kalau terlalu lama kemungkinan laptop nya tidak mendukung. Atau kita belum mematikan antivirus, firewall, dan adapter yang tidak digunakan.

      6.       Setelah routernya terdetect maka kita klik browse untuk mencari file ISO yang akan digunakan. Pengunduhan file dapat dilakukan di www.mikrotik.com dan pastikan file ISO nya memiliki arsitektur yang sama dengan routernya.

      7.       Kemudian kita klik install.

      8.       Setelah itu kita tunggu hingga proses penginstallan selesai.

      9.       Lalu kita dapat membuka winbox dan mulai untuk meremote routernya. Disini kita login menggunakan defaultnya saja yaitu sebagai admin dengan password blank.

Nah itulah tutorial tentang tata cara menginstall mikrotik menggunakan netinstall. Apabila ada saran dan kekurangan dapat diutarakan di kolom komentar. Semoga artiket ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons