Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Senin, 07 Mei 2018

Monitoring di Windows Server 2012



Monitoring Server


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini penulis akan membahas postingan mengenai monitoring di Windows Server 2012. Monitoring adalah kegiatan untuk memantau kondisi dari penggunaan suatu perangkat. Dengan monitoring, masalah yang muncul atau yang terjadi pada Windows Server dapat diketahui sehingga dapat segera diselesaikan.

Untuk melakukan monitoring pada Windows Server, dapat digunakan beberapa aplikasi yang telah ada atau merupakan bawaan dari Windows Server. Selain itu, ada juga aplikasi lainnya yang harus di download terlebih dahulu sehingga dapat digunakan untuk memonitoring Windows Server.

Berikut ini adalah penjelasan beberapa aplikasi bawaan ataupun aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk monitoring.

            ·        Aplikasi Bawaan Windows Server

             -         Task Manager

1.      Buka task manager. Terlihat belum ada aplikasi yang running karena penulis belum membuka aplikasi apapun.


2.      Kemudian penulis akan membuka Internet Explorer dan pada task manager aplikasi Internet Explorer nya akan muncul.


3.      Lalu penulis akan meng-end task Internet Explorer sehingga aplikasi tersebut akan terhenti. Untuk melakukan monitoring lebih detail menggunakan task manager, klik bagian “More details”.


4.      Pada bagian Processes, dapat terlihat penggunaan dari CPU dan Memory nya. Dapat terlihat juga aplikasi yang sedang berjalan di Windows Server berserta penggunaan cpu dan memory nya masing-masing. Selain itu, terlihat juga background process aplikasi yang running pada Windows Server.


5.      Di bagian ini juga dapat dilakukan end task atau penghentian aplikasi yang sedang berjalan. Misalkan penulis akan meng-end task Windows Explorer sehingga terlihat penggunaan CPU dan memory nya berkurang karena ada aplikasi yang terhenti.



6.      Selanjutnya penulis akan membuka aplikasi Internet Explorer. Disana terlihat penggunaan CPU dan Memory dari aplikasi tersebut.


7.      Saat penulis melakukan browsing data dengan mengakses youtube, terlihat peningkatan penggunaan CPU dan Memory pada aplikasi tersebut.


8.      Kemudian beralih ke bagian Performance. Disini dapat terlihat performa dari CPU, Memory, dan Ethernet Windows Server. Berikut ini adalah performa CPU Windows Server milik penulis.


      Berikut ini adalah performa Memory Windows Server milik penulis.


      Berikut ini adalah performa Ethernet Windows Server milik penulis.


9.      Selanjutnya untuk memonitoring lebih lanjut klik “Open Resource Monitor”.


10. Pada bagian Resource Monitor terlihat grafik penggunaan dari CPU, Memory, Disk, dan Network.




             -         Performance Monitor

1.      Buka Server Manager. Kemudian klik Tools dan pilih Performance Monitor.


2.      Selanjutnya klik Performance Monitor yang berada di dalam Monitoring Tools.


3.      Kemudian klik add untuk menambahkan counter yang baru.


4.      Nah setelah itu kita dapat melakukan monitoring dengan melihat grafik yang ditampilkan. Disini pembacaan trafik dibedakan berdasarkan warna yang keterangan setiap warnanya dapat dilihat di bagian bawah grafik.


            -         Event Viewer

1.      Buka Server Manager. Kemudian klik Tools dan pilih Event Viewer.



2.      Kemudian buka system di bagian Windows Log.

3.      Disini dapat terlihat log dari system windows server nya. Ada yang berupa informasi, critical, error, warning, ataupun verbose. Detail dari setiap log nya juga dapat terlihat di bagian bawahnya.


4.      Log dari system tersebut dapat kita filter. Misalkan disini penulis akan memfilter log system nya sehingga yang terlihat hanya warning nya saja. Klik “Filter Current Log”.


5.      Di bagian Logged dapat kita filter berdasarkan waktu dari adanya log tersebut. Disini penulis memilih any time yang berarti semua waktu akan ditampilkan. Kemudian pada bagian Event Level penulis mencentang Warning karena penulis hanya ingin menampilkan log Warning saja. Kemudian klik OK.


6.      Nah di system log nya hanya ditampilkan log Warning saja.


             ·        Aplikasi Lainnya

             -         Wise System Monitor

1.      Download aplikasi Wise System Monitor di Windows Server dan buka aplikasi tersebut.


2.      Pada aplikasi Wise System Monitor, terdapat 3 bagian yaitu Proccess Monitor, Hardware Monitor, dan Operating System. Pertama pada bagian Process Monitor terlihat aplikasi yang sedang berjalan di Windows Server nya beserta penggunaan CPU, Memory, Upload, Download, User dari masing-masing aplikasi tersebut.


3.      Selanjutnya pada bagian Hardware Monitor terlihat spesifikasi dari hardware yang digunakan oleh Windows Server. Disini dapat terlihat spesifikasi dari CPU, Mainboard, Memory, Disk, Graphics, Network Adapter, dan Sound Card yang digunakan.


Contoh spesifikasi CPU dan Memory pada Windows Server.

4.      Kemudian yang terakhir adalah bagian Operating System. Disini kita dapat melihat spesifikasi dari aplikasi Wise System Monitor pada Windows Server. Disini dapat terlihat product id, kemudian user yang terdaftar, dan masih banyak lagi.


5.      Aplikasi Wise System Monitor juga menyediakan fitur yang terletak di sudut kanan bawah layar untuk memonitoring penggunaan CPU, penggunaan RAM, Upload, dan Download pada Windows Server.


            -         Free Windows Health Monitor atau Manage Engine Free Tools

1.      Download aplikasi Manage Engine Free Tools atau Free Windows Health Monitor di Windows Server dan buka aplikasi tersebut.


2.      Klik Add Server untuk menambahkan Server Windows yang akan dimonitoring.


3.      Masukkan nama dari server windows nya dan klik connect.


4.      Nah disini Windows Server penulis sudah dapat termonitor menggunakan aplikasi Free Windows Health Monitor. Disana terlihat nama, ip address, OS, processor, dan type processor dari Windows Server. Terlihat juga penggunaan CPU, Space penyimpanan, Memory, dan device response pada Windows Server.


5.      Kemudian penulis beralih ke dashboard. Disana terlihat penggunaan dari CPU, Memory, dan penyimpanan pada Windows Server. Terlihat juga status dari masing-masing parameter yang termonitor tersebut. Jadi dengan ini dapat diketahui status dari CPU, Memory, dan penyimpanan apakah ada critical, warning, atau statusnya sedang berjalan dengan baik.


6.      Selanjutnya selain dapat terlihat penggunaan CPU, penggunaan memori, space penyimpanan, device response, dapat dilihat juga port yang digunakan dan traffic status pada Windows Server.


Nah itulah postingan mengenai monitoring menggunakan beberapa aplikasi di Windows Server 2012. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila terdapat kekurangan dan kesalahan silahkan utarakan di kolom komentar.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons