Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Senin, 07 Mei 2018

Konfigurasi Database Server Menggunakan XAMPP


Konfigurasi Database Menggunakan XAMPP MySQL (GUI)


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini penulis akan mensharing tutorial untuk membuat database melalui GUI menggunakan XAMPP MySQL. Disini pastikan XAMPP telah terinstall di Windows Server dan versi XAMPP tersebut compatible dengan Windows Server yang dimiliki. Penulis menggunakan XAMPP dengan versi 5.6 untuk digunakan pada Windows Server 2012.

1.      Buka aplikasi XAMPP.


2.      Install Apache dan juga MySQL nya.



3.      Setelah terinstall, kemudian start Apache dan juga MySQL nya.


4.      Lalu klik admin untuk melakukan konfigurasi database menggunakan MySQL. Untuk mengakses MySQL nya, juga bisa dengan mengetikkan http://localhost/phpmyadmin pada browser.



5.      Kemudian klik “Baru” untuk menambahkan database yang baru. Disini penulis menambahkan database dengan nama tania_eka.


6.      Nah database penulis telah berhasil dibuat.


7.      Selanjutnya penulis akan membuat table di dalam database tania_eka. Disini penulis memberikan nama tabelnya adalah biodatatavav dengan jumlah kolomnya adalah 3.


8.      Setelah itu, buat struktur untuk table nya. Disini bisa juga ditambahkan kolom yang baru apabila ingin melakukan penambahan kolom pada table. Penulis membuat struktur tabelnya untuk kolom 1 adalah no dengan tipe datanya adalah integer dan jumlah karakter maksimalnya adalah 3. Lalu kolom kedua dan ketiga adalah Data dan Keterangan dengan jenisnya adalah VARCHAR dan panjang karakternya masing-masing maksimalnya adalah 100 dan 150. Setelah itu, klik simpan.


9.      Nah table biodatatavav sudah dibuat dan pada bagian “Struktur” dapat terlihat struktur dari table tersebut.


10. Untuk menambahkan informasi atau data ke dalam table, klik bagian “Tambahkan”. Disini penulis ingin menambahkan 2 baris yaitu mengenai data nama dan keterangan penulis ke dalam table. Jumlah baris yang akan di edit datanya dapat diatur sesuai dengan keperluan. Setelah itu klik go di bagian paling bawah.



11. Lalu klik "SELECT *" untuk script penambahan baris tersebut supaya hasil barisnya tidak di clone atau double. Lalu klik go.



12. Nah hasil baris untuk biodatatavav telah berhasil ditambahkan. Untuk melihat hasil tabelnya, beralih ke bagian “Jelajah”. Nah disana terlihat hasil table biodatatavav yang telah penulis buat beserta dengan data yang terdapat di dalam table tersebut.




Nah itulah tutorial untuk membuat database menggunakan XAMPP MySQL atau phpMyAdmin. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons