Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Senin, 07 Mei 2018

Konfigurasi Database Server di Windows Server 2012


Konfigurasi Database Server


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini penulis akan membahas mengenai konfigurasi Database Server di Windows Server 2012. Database server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan data ke komputer atau program komputer lainnya, seperti yang ditetapkan dalam model client-server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program server database. 

Model client-server dapat diartikan sebagai model dari suatu sistem yang membagi proses sistem antara server yang mengolah database dan client yang menjalankan aplikasi. Database server mengurangi beban akses data oleh client pada server. Database dapat diakses oleh beberapa client secara bersamaan dimana data yang diakses hanya atau diubah berasal dari satu sumber yaitu database pada server.

Database server ini memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut :

      1.      Semua data untuk organisasi dapat disimpan di satu lokasi.
      2.      Database server menambahkan tingkat keamanan data.
      3.      Database server menyediakan layanan database management service dimana data disusun
      4.      Dengan cara tertentu sehingga meningkatkan pencarian dan pengambilan data.
      5.      Beberapa client dapat mengakses data yang disimpan di database server dalam satu waktu tanpa saling menggangu satu sama lain.

Terdapat beberapa jenis software untuk program database server, seperti MySQL, Oracle, Firebird, Microsoft SQL Server 2000, Visual Foxpro 6.0, Database Desktop Paradox, Postgre SQL, Microsoft Access, dan lain sebagainya.

Disini penulis akan menggunakan MySQL untuk membuat database server di Windows Server 2012 milik penulis. Pertama kita akan menginstall MySQL terlebih dahulu. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk penginstallannya.



           ·        Instalasi MySQL

1.      Siapkan file installer untuk instalasi MySQL di Windows Server.


2.      Pada bagian “License Agreement”, centang pada penerimaan lisensinya dan klik next.


3.      Kemudian beralih pada bagian pemilihan type untuk setup nya. Disini saya memilih yang full instalasi dan klik next.


4.      Selanjutnya di bagian pengecekan untuk requirements atau persyaratan kita klik next dan di bagian konfirmasi kita klik yes.



5.      Lalu masuk ke bagian instalasi. Disitu terlihat paket dan fitur yang akan diinstall. Klik execute untuk memulai penginstallan.


6.      Tunggu proses penginstallannya hingga selesai, kemudian klik next.


7.      Setelah itu, beralih ke bagian konfigurasi product dan klik next untuk memulai konfigurasi server MySQL nya.


8.      Pertama konfigurasi untuk type dan jaringan. Untuk tipe konfigurasinya pilih “Dedicated Machine” dan untuk bagian connectivity nya biarkan default nya saja dan klik next.



9.      Kemudian beralih untuk konfigurasi “Accounts and Roles”.  Masukkan password untuk root nya dan klik di bagian “Add User” untuk menambahkan user baru pada akun MySQL nya.


10.  Ketikkan nama user dan juga password untuk user barunya dan klik OK.


11.  Setelah password untuk root nya sudah diberikan dan usernya juga telah dibuat, kemudian klik next.


12.  Selanjutnya beralih ke service windows. Disitu dapat terlihat nama service windows nya. Lalu klik next.


13.  Kemudian beralih ke bagian “Plugins and Extentions”. Aktifkan plug in dengan men centang bagian “Enable X Protocol / MySQL as a Document Store” dan klik next.


14.  Lalu beralih ke bagian “Apply Server Configuration”. Klik execute untuk menerapkan konfigurasi yang telah dilakukan sebelumnya.


15.  Setelah konfigurasi berhasil diterapkan klik finish untuk melanjutkan.


16.   Selanjutnya kita akan kembali pada bagian “Product Configuration” dan terlihat server MySQL nya telah selesai dikonfigurasi. Tersisa Samples and Examples yang siap untuk dikonfigurasi. Kemudian kita klik next.


17.  Setelah itu, masuk ke bagian “Apply Server Configuration”. Klik execute untuk menerapkan konfigurasi yang telah dilakukan.


18.  Setelah konfigurasi telah berhasil diterapkan, klik finish untuk melanjutkan.


19.  Kemudian akan beralih ke bagian “Product Configuration” kembali. Disini terlihat semua produk atau fitur telah selesai dikonfigurasi. Lalu kita klik next.


20.  Nah instalasi MySQL pun telah selesai dan klik finish.


21.  Kemudian coba buka aplikasi MySQL nya. Lalu masukkan password root nya. Dan MySQL telah dapat digunakan di Windows Server 2012 yang kita miliki.




Nah MySQL telah berhasil terinstall di Windows Server 2012 penulis. Kemudian penulis akan mensharing beberapa command atau perintah yang digunakan di MySQL. Berikut ini ada penjelasannya.

            ·        Command atau Perintah dalam MySQL

a.       create database “nama database”; Ă  digunakan untuk membuat database yang baru. Misalkan disini penulis akan membuat database dengan nama tania_eka dengan perintah “create database tania_eka;”.



b.      show databases; Ă  digunakan untuk melihat database yang ada pada MySQL. Disana terlihat database tania_eka yang baru dibuat oleh penulis.



c.       use “nama database”; Ă  digunakan untuk menggunakan atau mengedit database yang ada di MySQL. Disini penulis akan menggunakan database tania_eka yang telah dibuat sebelumnya dengan perintah “use tania_eka;”.



d.      create table “nama tabel” ( Ă  digunakan untuk membuat tabel di dalam database pada MySQL. Disini penulis akan membuat tabel dengan nama biodata_tania yang memiliki 3 kolom yaitu no, nama, dan kelas.



e.       show tables; Ă  digunakan untuk menampilkan tabel yang telah dibuat tetapi belum ditampilkan data yang ada dalam tabel.



f.       desc “nama tabel”; Ă  digunakan untuk melihat deskripsi tabel yang telah dibuat. Disini penulis akan melihat deskripsi tabel biodata_tania yang telah penulis buat sebelumnya dengan menggunakan perintah “desc biodata_tania;”.



g.      alter table “nama tabel” Ă  digunakan untuk menambahkan field pada tabel. Disini penulis akan menambahkan field email jadi nanti tabel nya akan memiliki 4 field atau 4 kolom yaitu no, nama, kelas, dan email.



Kemudian penulis coba lihat deskripsi tabel nya dan ternyata email nya sudah ditambahkan ke dalam tabel biodata_tania.



h.      alter table “nama tabel” drop “nama field”; Ă   digunakan untuk menghapus field yang telah ditambahkan ke dalam tabel. Disini penulis akan menghapus field email yang telah ditambahkan sebelumnya ke dalam tabel biodata_tania dengan menggunakan perintah “alter table biodata_tania drop email;”.



Lalu penulis akan melihat deskripsi tabel biodata_tania dan ternyata field email nya telah terhapus sehingga hanya ada no, nama, dan kelas saja.



i.        insert into “nama tabel” Ă  digunakan untuk memasukkan data ke dalam tabel. Disini penulis akan memasukkan data ke dalam tabel biodata_tania.


j.        select * from “nama tabel”; Ă  digunakan untuk menampilkan tabel dan juga semua data yang ada di dalam tabel. Disini penulis akan menampilkan tabel biodata_tania dan data yang telah ditambahkan sebelumnya ke dalam tabel tersebut. Perintahnya adalah “select * from biodata_tania”.


Itulah beberapa perintah yang terdapat pada MySQL. Mulai dari membuat database nya, melihat database, membuat tabel di dalam database, menambahkan data ke dalam tabel, hingga menampilkan tabel yang telah dibuat di dalam database. Selanjutnya penulis akan membuat biodata penulis di dalam database baru pada MySQL penulis.

           ·        Membuat Database Biodata


Penulis akan membuat biodata mengenai diri penulis. Langkah-langkahnya menggunakan perintah yang telah dijelaskan sebelumnya. Yuk simak ya, sekalian kalau mau kenalan sama penulis bisa disimak hasil biodatanya, hehehe.

1.      Penulis akan membuat database yang baru dengan nama about_tania.


2.      Kemudian lihat databases MySQL nya dan ternyata database about_tania sudah ada.


3.      Selanjutnya penulis akan menggunakan atau mengedit database about_tania dengan membuat table biodata di dalam database tersebut.


4.      Setelah itu, penulis membuat table di dalam database about_tania dengan nama riwayat_hidup_tania. Tabel ini akan terdiri dari 3 kolom dengan berisi 3 field yaitu no, data yang maksimal terdiri dari 100 karakter, dan keterangan yang maksimal terdiri dari 150 karakter.


5.      Lalu penulis akan melihat deskripsi dari table riwayat_hidup_tania.


6.      Selanjutnya penulis akan menambahkan data ke dalam table riwayat_hidup_tania. Disini penulis akan mengetikkan data mengenai diri penulis, hehehe.


7.      Kemudian penulis akan melihat hasil dari table dan informasi yang telah penulis masukkan ke dalam table. Dan jeng jeng jeng, inilah hasil dari data diri penulis J J J .



           ·        Backup Database

Selanjutnya penulis akan melakukan backup database yang telah dibuat sebelumnya. Backup ini sangat bermanfaat untuk mencegah adanya kehilangan data dengan membuat data cadangan dengan cara menyalin data tersebut ke penyimpanan yang lain. Disini penulis akan membackup database yang telah dibuat sebelumnya ke penyimpanan data windows server 2012 milik penulis.

1.      Buka command Prompt.


2.      Kemudian buka directory dimana database yang akan di backup berada. Database tersebut biasanya terletak dalam directory bin yang berada di dalam directory MySQL Server yang ada dalam directory MySQL dalam directory Program Files yang ada dalam drive C.


3.      Kemudian lakukan backup database dengan perintah sebagai berikut mysqldump -h 127.0.0.1 -u root -p --databases “nama database” > “directory letak file backup tersebut berada nantinya dan nama file backup nya apa”. Disini penulis akan membackup database about_tania dan file backup nya akan penulis simpan di dalam directory backup yang ada dalam drive c dengan nama Backup_SQL.sql . Maka perintahnya adalah sebagai berikut mysqldump -h 127.0.0.1 -u root -p --databases about_tania > c:\backup\Backup_SQL.sql . Lalu tekan enter dan masukkan password root nya baru tekan enter kembali.


4.      Nah terlihat databases about_tania sudah terbackup dengan nama file nya adalah Backup_SQL.sql yang berada dalam directory backup di dalam drive c.


5.      Lalu penulis akan mengedit file backup tersebut menggunakan salah satu aplikasi text editor yaitu Notepad++.


6.      Disini penulis akan mengedit isi dari table riwayat_hidup_tania yang terdapat di dalam databases about_tania yang telah di backup. Setelah itu, simpan hasil dari mengedit file backup tersebut.



           ·        Restore Database

Lalu penulis akan merestore atau mengembalikan file database yang telah di backup dan di edit sebelumnya ke penyimpanannya semula yaitu ke MySQL. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan restore.

1.      Buka Command Prompt.


2.      Untuk melakukan restore ketikkan perintah sebagai berikut mysql -u -root -p < “letak file yang akan di restore”. Disini penulis akan merestore file database yang telah di backup dan diedit sebelumnya. Perintahnya adalah mysql -u -root -p < c:\backup\Backup_SQL.sql . Kemudian tekan enter dan masukkan password root nya lalu tekan enter kembali.


3.      Selanjutnya penulis akan melihat hasil dari table riwayat_hidup_tania yang berada dalam database about_tania yang telah di backup dan diedit sebelumnya menggunakan Notepad++. Masuk kembali ke MySQL dan ketikkan perintah “select * from riwayat_hidup_tania;”. Nah data dalam table riwayat_hidup_tania telah berubah sesuai dengan yang diedit sebelumnya. Berarti juga data backup yang telah diedit tadi berhasil direstore ke dalam MySQL nya.


Nah itulah konfigurasi dan penjelasan mengenai konfigurasi database server di Windows Server 2012. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dapat diutarakan di kolom komentar. Stay terus ya di blog ini J J Salam hangat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons