Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Jumat, 30 November 2018

Konfigurasi Wireless Protokol (Nstreme, Nv2) di MikroTik


Wireless Protokol MikroTik


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membahas mengenai wireless protokol pada MikroTik. Pada post kali ini saya akan mensharing mengenai dua wireless protokol MikroTik yaitu Nstreme dan juga Nv2. Beberapa wireless protocol hanya dapat digunakan oleh jaringan point to point saja, namun beberapa protocol lainnya juga dapat digunakan untuk jaringan point to multipoint. Untuk pembahasan lebih lanjutnya silahkan simak yang berikut ini.

     ·        Nstreme

Nstreme merupakan wireless protocol yang termasuk MikroTik’s proprietary atau tidak kompatibel dan support dengan perangkat wireless vendor lain. Jadi nstreme ini khusus untuk wireless MikroTik saja. Selain itu, protocol nstreme hanya dapat digunakan pada jaringan point to point saja. Dengan menggunakan protocol ini, kinerja jaringan wireless akan meningkat. Untuk konfigurasinya, silahkan simak yang berikut ini.

1.      Setelah jaringan point to point nya terbentuk, konfigurasi interface wlan di bagian AP dan juga client nya. Pertama konfigurasi di bagian AP nya terlebih dahulu. Masuk ke interface wlan nya lalu klik tab nstreme, kemudian centang pada bagian enable nstreme untuk mengaktifkan nstreme nya.



2.      Selanjutnya beralih ke tab wireless dan ubah wireless protocol nya dari any menjadi nstreme.



3.      Kemudian beralih ke interface wlan di bagian client nya. Pertama aktifkan dulu nstreme pada interface wlan pada client nya.



4.      Lalu masuk ke tab wireless dan ubah protocol wireless nya menjadi nstreme.



5.      Selanjutnya tunggu hingga interface wlan AP dan client nya running yang menandakan bahwa AP dan client nya telah terhubung.


6.      Setelah itu, masuk ke interface wlan AP dan juga client dan pilihlah bagian traffic untuk melihat traffic jaringan wireless yang menggunakan protocol nstreme tersebut.


Traffic di bagian AP


Traffic di bagian client

7.      Kemudian lakukan test bandwidth dari client menuju AP nya.


      ~ Untuk membuktikan bahwa kinerja jaringan nya meningkat karena menggunakan protocol nstreme, saya akan mengubah lagi wireless protocol pada AP dan client nya menjadi any.




      ~ Kemudian lihat traffic di bagian AP dan juga client nya.


Traffic di bagian AP


Traffic di bagian client

      ~ Selanjutnya lakukan bandwidth test dari client nya.


      Disana terlihat bahwa traffic dan bandwidth nya lebih besar ketika jaringan wireless menggunakan protocol nstreme dibandingkan dengan any karena kinerja jaringannya akan meningkat.

     ·        NV2

NV2 adalah wireless protocol yang dikembangkan oleh MikroTik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips. NV2 dibuat berdasarkan TDMA (Time Division Multiple Access) sehingga dapat mengatasi masalah hidden node yang menyebabkan throughput dan latency akan meningkat khususnya untuk PTMP radio networks. Setiap client hanya diperbolehkan untuk melakukan pengiriman data berdasarkan waktu yang ditentukan secara bergiliran. Untuk konfigurasi nya silahkan simak yang berikut ini.

1.      Aktifkan nstreme di bagian interface wlan AP dan juga client nya.



2.      Selanjutnya beralih ke tab wireless pada interface wlan AP dan client nya, lalu ubah wireless protocol nya menjadi nv2.




3.      Setelah interface nya running dan AP serta client nya telah terhubung, cek traffic pada bagian client nya.


4.      Kemudian lakukan pengetesan bandwidth dari client menuju ke AP nya.


Nah itulah pembahasan mengenai wireless protocol di MikroTik. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.Apabila ada pertanyaan silahkan utarakan di kolom komentar. Stay terus di blog aku yaa.. J J J

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons