Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Kamis, 23 Maret 2017

DHCP Server


MIKROTIK

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dalam postingan sebelumnya, telah dibahas bagaimana caranya untuk membuat router supaya bisa mengakses Internet dengan menggunakan WIFI atau hotspot yang menjadi access point. Nah di postingan kali ini, akan dibahas bagaimana caranya supaya router yang telah connect ke Internet dapat membagi koneksinya dengan PC yang kita gunakan sehingga PC kita juga dapat terhubung ke Internet. Untuk tutorialnya silahkan simak yang berikut ini, namun sebelum itu pastikan PC kita telah terhubung dengan router.

Yang pertama kita me-reset konfigurasi router yang kita gunakan dan kita harus membuat router kita supaya bisa connect ke Internet menggunakan WIFI atau hotspot sebagai access point dengan langkah-langkah sebagai berikut.

      1.      Buka aplikasi Winbox.


      2.      Setelah itu, kita akan login menggunakan IP Address kemudian kita klik “Connect”.


      3.      Kemudian kita pilih “System” dan kita pilih “Reset Configuration”. Lalu kita pilih “No Default Configuration” supaya tidak ada lagi konfigurasi di router dan kita klik “Reset Configuration”.


      4.      Setelah itu, kita harus menunggu minimal 30 detik sebelum me-reconnect router kita. Dan setelah 30 detik atau lebih kita meng-klik “Reconnect”.


      5.      Lalu kita login lagi ke router menggunakan IP Address.


      6.      Kemudian, kita pilih “Wireless” dan di situ terlihat bahwa interface nya hanya ada WLAN 1. Lalu kita aktifkan dulu interface WLAN 1 nya dengan meng-klik tanda centang.


      7.      Setelah itu, kita pilih “Security Profile”. Setelah itu kita pilih add yaitu tanda “+” untuk membuat profile keamanan yang baru. Setelah itu, kita beri nama untuk security profile yang kita buat ex : “profile1” dengan mode “dynamic keys” untuk memasukkan password dari hotspot yang kita gunakan. Untuk Authentication Types kita pilih “WPA PSK” dan “WPA2 PSK”. Lalu kita masukkan password hotspot yang kita gunakan di “WPA Pre-Shared Key” dan “WPA2 Pre-Shared Key”. Setelah itu, kita klik “Apply” dan kita pilih “OK”.


       8.      Kemudian kita pilih “Interfaces”, lalu kita klik 2 kali WLAN 1 yang sudah aktif.


      9.      Setelah kita masuk di interface WLAN 1, kita pilih “Wireless”. Kemudian kita akan memulai scan untuk mencari hotspot mana saja yang berada di sekitar kita dengan meng-klik “Scan”.


     10. Kemudian, kita akan memulai scan-nya dengan meng-klik “Start”. Setelah mengklik “start” akan ada list hotspot yang berada di sekitar kita dan kita akan mencari hotspot mana yang akan kita gunakan. Setelah meng-klik hotspot nya kita akan mengklik “Connect”.


     11. Lalu kita ganti WPS Mode nya menjadi security profile yang telah kita buat yaitu “profile1”. Kemudian kita klik “Apply” lalu kita klik “OK”.


     12. Setelah itu, kita akan membuat DHCP client nya dengan meng-klik “IP” kemudian kita pilih “DHCP Client”. Untuk membuat DHCP Client yang baru kita klik add yang ditandai dengan icon “+”.


     13. Lalu kita pilih interface nya menjadi “WLAN 1”, setelah itu kita klik “Apply” kemudian klik “OK”.


     14. Setelah itu kita tunggu sampai router dapat mengakses internet yang ditandai dengan DHCP Client nya status nya bound dan interface WLAN1 nya terdapat huruf “R”.


     15. Kemudian saya akan mencoba melakukan ping ke google (google.com atau 8.8.8.8), namun terlebih dahulu membuka “New Terminal”. Apabila ping nya berhasil maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.


Setelah itu, kita akan membagi koneksi dengan PC supaya PC yang kita gunakan dapat mengakses Internet juga.

      17. Buat IP Address untuk router kita dengan mengklik “IP” lalu “Addresses” dan klik add dengan tanda “+” untuk membuat atau menambahkan IP Address yang baru.


     18. Lalu kita masukkan IP Address yang ingin kita gunakan dengan diikuti prefix yang kita gunakan ex”10.10.10.10/24” dan kita pilih interface port yang kita gunakan ex “ether2”. Kemudian klik “Apply” lalu klik “OK”.


Kemudian, kita beri IP untuk PC yang kita gunakan. Namun, disini saya tidak akan memberikan IP nya secara manual melainkan menggunakan fitur “DHCP server”. Karena kalau PC yang kita gunakan sedikit tidak masalah memberikan IP secara manual, namun kalau PC nya dalam jumlah banyak tentu akan sangat merepotkan bila dilakukan secara manual.

     19. Kita klik “IP” lalu “DHCP Server” dan kita pilih “DHCP Setup”.


      20. Lalu kita pilih interface untuk DHCP Server yang kita gunakan yaitu ether2, kemudian kita klik next.


      21. Setelah itu, kita klik next sampai pembuatan DHCP Server selesai ditandai dengan tulisan “Setup has completed successfully” dan kita klik “OK”.







     22. Secara otomatis PC yang terhubung ke router akan mendapatkan IP Address dan IP nya bisa kita lihat di DHCP Server bagian “Leases”. Untuk IPv4 pada Adapter LAN pada PC harus kita setting menjadi obtain, supaya bisa secara otomatis menerima IP Address dari DHCP Server yang telah kita buat.


      23. Ini adalah tampilan leases dari PC yang saya gunakan. IP dan MAC Address nya sama seperti yang saya lihat melalui Command Prompt dengan perintah “ipconfig”.



    24. Setelah itu, kita akan membuat firewall NAT untuk menyamarkan IP lokal menjadi IP publik supaya client bisa terhubung dengan internet dengan mengklik “IP” kemudian “firewall” dan kita pilih “NAT” lalu pilih add dengan tanda “+” untuk membuat yang baru.


     25. Di general kita memilih Out Interface nya menjadi Interface Wireless yang kita gunakan yaitu WLAN1.


      26. Lalu di action kita pilih menjadi masquerade. Kemudian kita klik “Apply” dan “OK”.


     27. Setelah itu kita aktifkan DNS nya karena kita menggunakan IP gateway client sebagai DNS Server, mengaktifkannya dengan mengklik “IP” lalu “DNS” kemudian klik “Allow Remote Requests” sampai ada tanda centang disampingnya, baru kita klik “Apply” lalu “OK”.


      28. Setelah itu, untuk membuktikan apakah PC saya sudah bisa mengakses Internet atau belum, maka saya akan mencoba untuk melakukan ping ke google melalui CMD yaitu google.com atau 8.8.8.8 . Apabila ping berhasil maka tampilannya akan seperti ini dan berarti PC saya sudah terhubung ke Internet.


Itulah tutorial bagaimana caranya membagi koneksi router yang telah dapat mengakses Internet menggunakan WIFI atau hotspot sebagai access point ke PC yang terhubung dengannya. Apabila ada kekurangan dan saran mohon diutarakan di kolom komentar. Semoga postingan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dari pembaca. Keep stay in my blog guys !!!


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons