Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Jumat, 31 Maret 2017

Tutorial Membuat Router Mikrotik di GNS3 Menggunakan Qemu


Membuat Mikrotik Router di GNS3 Menggunakan Qemu

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan mensharing pengetahuan saya mengenai cara membuat mikrotik router menggunakan qemu di GNS3. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak yang berikut ini.

     1.      Buka CMD (Command Prompt) as Administrator.


     2.      Setelah itu, masuk ke folder tempat GNS3 berada dan masuk ke folder qemu yang akan digunakan.



     3.      Nah kemudian kita buar disk qemu nya dengan mengetikkan syntax “qemu.img.exe create -f qcow2 qemutania.img 64M”  (qemutania adalah nama dari qemu yang kita buat, untuk nama ini terserah kalian akan menggunakan namanya apa). Lalu ketik enter.



     4.      Setelah itu, ketik "qemu-system-x86_64w.exe qemutania.img -boot d -cdrom mikrotik 6.38.5.iso" (mikrotik 6.38.5.iso adalah iso dari OS MikroTik dan pastikan OS MikroTik sudah terdapat pada file Qemu yang kita gunakan, yaitu contoh qemu-2.1.0 agar dapat diakses ). Lalu kita enter.


     5.      Kemudian kita akan dibawa ke menu penginstallan RouterOS. Disini kita melakukan penginstallan seperti biasa.



     6.      Lalu kita pilih all saja jadi kita ketik “a” dan kita ketik “i” untuk memulai penginstallan. Setelah itu, kita akan memilih apakah kita akan menyimpan konfigurasi yang lama atau tidak dan kita pilih saja “n” (no). Lalu untuk melanjutkan ke tahap penginstallan kita ketik “y” (yes).


     7.      Nah setelah software telah selesai di install da nada perintah untuk reboot jangan kita enter jadi diamkan atau close saja menu penginstallannya, karena kalau kita reboot dari cdrom maka kita akan memulai ulang penginstallannya.


     8.      Setelah itu, kita ketikkan syntax “qemu-system-x86_64w.exe qemutania.img” untuk booting melalui harddisk.


     9.      Kemudian kita akan login ke routerOS nya sebagai admin dan password nya blank saja.


     10. Lalu kita buka aplikasi GNS3.


     11. Setelah itu, kita klik menu edit kemudian kita pilih preferences.


     12. Kemudian kita pilih QEMU VMS dan kita klik new.


     13. Lalu kita pilih type nya. Disini saya memilih type nya default dan kemudian kita klik next.


     14. Setelah itu, kita masukkan namanya dengan contoh:Routerqemu dan kita klik next.


     15. Kemudian kita pilih qemu binary nya sesuai dengan yang kita buat tadi dan kita atur RAM nya menjadi 64MB. Lalu kita klik next.


     16. Lalu kita masukkan disk image yang kita buat tadi. Kita browse di folder GNS3 lalu ke folder qemu yang digunakan setelah itu kita cari nama foldernya, contoh : qemutania. Kemudian kita klik yes lalu klik finish.




     17. Lalu kita edit rouer qemu yang telah kita buat dengan mengklik edit.


     18. Kita pilih network lalu kita atur adapter yang akan tersedia di router qemu yang telah kita buat. Disini kita pilih saja 5 yang merupakan defaultnya. Kemudian kita klik OK.


     19. Setelah itu, kita ganti symbol dari router qemu yang telah kita buat dengan mengklik kanan pada routerqemu nya dan kita klik change symbol.


     20. Karena kita membuat router maka kita pilih symbol nya router dan kita pilih kategori nya routers, lalu kita klik OK.


     21. Kemudian kita klik Apply dan kita klik OK.


     22. Nah setelah itu, kita akan mencoba menggunakan router qemu yang telah kita buat. Kita drag and drop saja router qemu yang telah kita buat.


     23. Setelah itu, kita hidupkan routernya dengan cara mengklik kanan dan pilih start.


     24. Lalu kita akan mencoba meremote routernya dengan mengklik kanan dan kita pilih console.


     25. Kemudian kita tunggu sampai ada perintah login, dan kita pilih login sebagai admin dan passwordnya blank.


     26. Setelah itu, kita sudah berhasil masuk ke router qemu nya dan kita bisa melakukan konfigurasi untuk router qemu yang telah kita buat.


Nah itulah tutorial bagaimana caranya membuat router mikrotik menggunakan qemu di GNS3. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Untuk kekurangan dan sebagainya dari tulisan ini dapat pembaca utarakan di kolom komentar untuk menambah kelengkapan dari artikel ini.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons