Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Jumat, 31 Maret 2017

Instalasi RouterOS VDI via VirtualBox


Instalasi RouterOS VDI via VirtualBox

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya menginstall RouterOS VDI di VirtualBox. Karena kita menggunakan VDI jadi license nya itu free atau permanen, berbeda dengan kita menggunakan file ISO Mikrotik yang kita gunakan sebelumnya yang hanya dapat digunakan 1 hari saja selebihnya harus menggunakan kode key nya. Nah untuk langkah-langkahnya, simak yang berikut ini.

     1.      Buka aplikasi virtual box.


     2.      Klik new untuk membuat project baru, kemudian beri nama project nya dengan contoh “MikrotikVDI”. Lalu pilih type nya “other” kemudian version nya “other/unknown (64-bit)”. Setelah itu klik next.


     3.      Setelah itu, atur memory size nya. Disini saya menggunakan 64 MB sesuai dengan rekomendasi dari virtual box nya, lagipula RouterOS tidak membutuhkan terlalu banyak memori. Kemudian klik next.


     4.      Nah untuk pemilihan hard disk kita bisa memilih “use an existing virtual hard disk now”. Lalu kita browse dan masukkan VDI nya. Apabila kalian tidak memiliki VDI nya dapat kalian download disini www.mikrotik.com.  Lalu kita klik create.


     5.      Kemudian kita klik tombol “Start”.


     6.      Setelah itu , akan melakukan proses booting ( menghidupkan ) , lalu akan muncul menu login mikrotik pada router. Kita harus memasukkan username dan password nya. Disini saya akan login menggunakan username admin dengan password blank. Lalu klik enter.

  
     7.      Nah kita sudah berhasil menginstall RouterOS VDI. Untuk melihat berapa lama pemakaian OS VDI MikroTik ini dengan menggunakan command "system license print".


          Nah itulah tutorial mengenai install RouterOS VDI menggunakan VirtualBox, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.


          Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons