Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Rabu, 02 Agustus 2017

Instalasi Windows Server 2012


              Instalasi Windows Server 2012 versi Server Core Installation

Assalamu’alaikum Wr. Wb. 

Kali ini saya akan membahas mengenai Instalasi Windows Server, yaitu Windows Server 2012. Windows Server 2012 merupakan Sistem Operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft yang mulai tersedia pada tanggal 4 September 2012 dan merupakan lanjutan dari Windows Server 2008. Dalam penginstallan Windows Server 2012 terdapat 4 pilihan yang dapat kita gunakan, yaitu :

1.      Windows Server 2012 Standart Evaluation (Server Core Installation)
2.      Windows Server 2012 Standart Evaluation (Server with a GUI)
3.      Windows Server 2012 Datacenter Evaluation (Server Core Installation)
4.      Windows Server 2012 Datacenter Evaluation (Server with a GUI)

Dalam penginstallan Windows Server 2012 juga terdapat spesifikasi PC yang harus dipenuhi, yaitu :

1.      Minimal RAM yang diperlukan adalah 2 GB
2.      1 Core processor  
3.      Minimal Hardisk yang dipelukan 80 GB

Yang pertama, saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya menginstall windows server 2012 yang Server Core Installation. Namun, pada tutorial kali ini saya akan menggunakan VirtualBox. Jadi belum menggunakan real device nya. Windows Server 2012 yang Server Core Installation ini berbasis CLI yang tentu menggunakan script/syntax untuk penggunaannya. Jadi untuk menggunakannya, kita harus menghafal dan memahami perintah yang digunakan. Namun, kelebihan dari Windows Server 2012 yang Server Core Installation ini adalah menggunakan memori yang lebih kecil daripada yang Windows Server menggunakan GUI.

Okee, sekarang kita akan memulai tutorial penginstallan Windows Server 2012 yang Server Core Installation menggunakan VirtualBox. Sebelum itu kita tentu harus melakukan persiapan terlebih dahulu, yaitu :

      1.      Aplikasi VirtualBox versi atau diatasnya.
      2.      File ISO Windows Server 2012

Berikut ini adalah langkah-langkah menginstall Windows Server 2012 yang Server Core Installation :

      1.      Buka aplikasi VirtualBox yang telah terinstall di PC kita.


      2.      Kemudian, klik new untuk membuat VM (Virtual Machine) yang baru.


      3.      Setelah itu, kita beri nama untuk VM nya beserta type dan juga versi nya. Disini karena kita akan menginstall Windows Server 2012, maka tentu saja type nya adalah Microsoft Windows dan versi nya saya pilih Other Windows yang 64 bit.


      4.      Lalu kita akan mengatur memory size nya sesuai dengan kemauan kita. Disana rekomendasi nya adalah 512 MB, namun saya memilih 2048 MB (2 GB) untuk memory size nya dan kita klik next. (Note : Pemilihan memory size jangan sampai berada di titik merah, jadi sesuaikan dengan RAM yang digunakan di PC kalian juga)


      5.      Kemudian kita akan masuk ke bagian hard disk, disini kita akan membuat virtual hard disk yang baru jadi kita pilih “Create a virtual hard disk now” dan kita klik create.


      6.      Setelah itu, kita akan memilih type file untuk hard disk nya. Disini kita pilih yang “VDI (VirtualBox Disk Image)” dan kita klik next.


      7.      Lalu kita akan beralih ke storage on physical hard disk atau penyimpanan fisik pada hard disk, disini kita akan pilih yang “dynamically allocated” dan kita klik next.


      8.      Kemudian kita akan masuk ke file location and size. Disini kita akan menentukan size untuk virtual hard disk nya sesuai yang kita inginkan. Untuk rekomendasi nya sebesar 20 GB. Disini saya memilih size hard disk nya sebesar 80 GB dan setelah selesai kita klik create. (Note : Size untuk virtual hard disk disesuaikan dengan besar hard disk pada PC yang kita gunakan)


      9.      Setelah itu, VM yang baru telah selesai dibuat. Sekarang kita akan memasukkan file ISO Windows Server 2012 nya dengan meng klik icon “Settings”.


     10.  Kemudian kita ke bagian storage dan kita klik Empty. Lalu kita browse dan masukkan file ISO nya dengan meng klik icon yang berada di sisi kanan atas.


     11.  Setelah file ISO nya kita masukkan, kita klik OK.


      12.  Lalu setelah VM nya selesai dibuat dan telah dimasukkan file ISO Windows Server 2012, sekarang kita akan memulai penginstallannya dengan meng klik icon “Start”.


      13.  Kemudian kita akan beralih untuk memilih bahasa yang akan digunakan untuk penginstallan, format waktu yang digunakan, dan juga keyboard atau metode input yang akan kita gunakan. Untuk language atau bahasa penginstallan, kita pilih English (United States). Untuk time and currecy atau format waktu dan tempat kita pilih sesuai dengan lokasi keberadaan kita saat ini, contoh : Indonesia. Untuk keyboard atau metode inputnya kita pilih US. Dan setelah semua kita pilih kita klik next.


      14.  Setelah itu, kita klik “Install Now”.


      15.  Selanjutnya, kita akan memilih Sistem Operasi dari Windows Server 2012 yang ingin kita install. Seperti yang terlihat dan telah disebutkan di awal, bahwa terdapat 4 pilihan system operasi dalam Windows Server 2012. Karena kita akan menginstall yang Server Core, maka kita pilih yang pilihan pertama dan kita klik next.


      16.  Lalu kita akan beralih ke license terms. Centang bagian “I accept the license terms” dan klik next.


      17.  Kemudian kita akan beralih ke type instalasi yang kita akan lakukan. Terlihat bahwa disana terdapat 2 type instalasi, yaitu upgrade dan custom. Karena kita akan menginstall Sistem Operasi yang baru, maka kita pilih “Custom”.


      18.  Setelah itu, kita akan beralih ke pembagian partisi. Untuk mulai membuat partisi yang baru kita klik “New”.


     19.  Kita tentukan size untuk partisi yang akan kita buat. Disini saya menggunakan 1 partisi dan size nya saya gunakan seluruhnya dari besar hard disk yang telah saya atur yaitu sebesar 80 GB. Apabila kita telah menentukan besar size untuk partisinya, kita klik Apply dan klik OK.



      20.  Lalu kita akan melakukan pemformatan pada partisi yang telah kita buat dengan meng klik “Format” dan akan muncul peringatan kita klik OK.



      21.  Setelah pembagian partisi telah selesai, kita klik next.


      22.  Akhirnya saat pengaturan penginstallan telah selesai dibuat, kita akan beralih ke tahap inti nya yaitu proses instalasi nya. Disini kita tunggu proses instalasi hingga selesai dan nanti akan muncul tampilan Restart. Kita bisa menunggu hingga 10 detik atau langsung dengan meng klik Restart Now.


      23.  Selanjutnya kita akan beralih ke pengaturan password. Disini kita klik OK terlebih dahulu dan kita masukkan password yang akan kita gunakan untuk login nanti. Kita bisa melihat password yang kita masukkan dengan meng klik tanda mata dan setelah password telah dimasukkan kita klik enter dan klik OK. (Note : Untuk pemilihan password harus terdiri dari huruf, angka, karakter, dan simbol... dan yang terpenting jangan sampai password yang diatur lupa atau kita tidak akan bisa login nantinya :v)




      24.  Setelah itu, semua tahap penginstallan telah selesai. Kita akan masuk ke tampilan utama dari Windows Server 2012 mode Core.


      25.  Alhamdulillah, install nya telah berhasil J

Nah untuk proses pengaturan pada Windows Server dimana kita bisa mengubah, mengecek, mendaftarkan, ataupun mematikan Sistem Operasi nya, kita menggunakan perintah “sconfig”. Dalam “sconfig” terdapat 15 perintah yang kegunaan dari setiap perintahnya akan dijelaskan dalam postingan selanjutnya. So, see in next posts J J . Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons