Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Minggu, 13 Agustus 2017

Pilihan Instalasi dalam Windows Server 2012

Kesimpulan 4 Pilihan Penginstallan dalam Windows Server 2012

            Assalamu’alaikum Wr. Wb.



            Di post ini saya akan membahas mengenai 4 pilihan penginstallan yang ada dalam Windows Server 2012. Berikut ini merupakan sedikit penjelasan mengenai keempat pilihan penginstallan tersebut.

Pilihan pertama dalam penginstallan Windows Server 2012 adalah “Windows Server 2012 Standart Evaluation (Server Core Installation)”. Apabila kita memilih pilihan pertama ini, nanti Windows Server 2012 yang kita gunakan tampilannya menjadi core atau berbasis text (CLI). Jadi kita menggunakan script atau command untuk melakukan konfigurasi pada Windows Server 2012 nya. Tentu kita harus menghafalkan script atau command yang digunakan untuk konfigurasi. Karena bila kita tidak mengetahui command nya, tentu kita tidak bisa melakukan konfigurasi. Namun, Windows Server 2012 menggunakan versi core ini juga terdapat kelebihan yaitu tidak menggunakan RAM atau memory terlalu besar, begitu pula untuk kerja processor nya yang tidak begitu berat.

Berbeda dengan apabila kita memilih penginstallan Windows Server 2012 yang kedua, yaitu “Windows Server 2012 Standart Evaluation (Server with a GUI)”. Maka nanti kita akan mendapatkan OS CentOS 7 menggunakan tampilan GUI atau seperti desktop. Tentu apabila kita menggunakan tampilan ini kita memerlukan penggunaan RAM yang lebih besar dan juga kerja processor yang sedikit lebih berat dibandingkan kita menggunakan Windows Server 2012 menggunakan tampilan core. Namun, apabila kita menggunakan Windows Server 2012 dengan tampilan GUI ini tentu akan lebih bersahabat untuk kita yang tidak begitu hafal dengan script atau command untuk konfigurasi. Karena tampilan GUI pada Windows Server 2012 ini sangat memudahkan kita untuk melakukan konfigurasi.

Dalam OS Windows Server 2012 juga memudahkan kita untuk berganti tampilan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Untuk berganti tampilandalam Windows Server 2012 pun cara-caranya telah dijelaskan di lab sebelumnya.

Selain pilihan penginstallan yang pertama dan kedua seperti yang sedikit telah saya bahas tadi, ada juga pilihan penginstallan yang ketiga dan keempat yaitu “Windows Server 2012 Datacenter Evaluation (Server Core Installation)” dan “Windows Server 2012 Datacenter Evaluation (Server with a GUI)” . Nah pilihan ketiga dan keempat ini dikhususkan untuk penggunaan Windows Server 2012 sebagai datacenter untuk menyimpan file-file dan sebagainya. Mungkin untuk Windows Server 2012 yang dikhususkan sebagai datacenter ini memerlukan kapasitas hard disk yang lebih besar dari pada penggunaan Windows Server 2012 yang biasanya. Untuk pilihan ketiga dan keempat pun sama-sama dikhususkan untuk datacenter, hanya bedanya pilihan ketiga menggunakan tampilan core atau text (CLI) dan pilihan keempat nya menggunakan tampilan GUI.

Nah itulah penjelasan atau kesimpulan mengenai 4 pilihan instalasi dan Windows Server 2012. Semoga tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Apabila ada kekurangan dan sebagainya silahkan diutarakan di kolom komentar. So, happy reading guys. Salam hangat.. Tavav J

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons