Salam kenal namaku Tania Eka Umami Vavarianti. Aku lahir di Ponorogo, 24 Januari 2001. Sekarang aku sudah selesai menempuh pendidikan di SMK Negeri 1 Kota Bekasi jurusan TKJ.

Pages

Sabtu, 05 Agustus 2017

Tutorial dari Windows Server Core menjadi Windows Server GUI


MENGUBAH DARI WINDOWS SERVER CORE KE WINDOWS SERVER GUI

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan meneruskan post yang sebelumnya. Di post sebelumnya kita telah membahas mengenai arti dari 15 perintah dalam sconfig. Namun, bagaimana kalau kita lupa script atau command untuk mengkonfigurasi Windows Server yang kita gunakan? Tentu hal itu sangat merepotkan. Tetapi ternyata hal itu ada solusinya, yaitu Windows Server 2012 ini selain memiliki tampilan core juga memiliki tampilan GUI nya. Nah di postingan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya untuk mengubah Windows Server Core menjadi Windows Server GUI. Di dalam post ini terdapat 2 cara yang dapat dilakukan. Untuk langkah-langkah nya silahkan simak yang berikut ini.

      1.      Pertama kita akan membuat folder mount di drive C. Untuk membuat foldernya kita menggunakan perintah “mkdir C:\mountdir”. Dan untuk melihat apakah folder mountdir telah dibuat kita menggunakan perintah “dir”.


      2.      Setelah folder mount nya dibuat, selanjutnya kita akan mencari no index untuk mengubah server core menjadi GUI. Perintah yang digunakan adalah “Dism /get-wiminfo /wimfile:D:\sources\install.wim”.

  
      3.      Kemudian akan muncul tampilan informasi instalasi yang berisi index dari data yang ada pada drive D. Karena kita akan merubah menjadi GUI, maka kita akan memilih index 2. Lalu kita ketikkan perintah “Dism /mount-wim /wimfile:D:\sources\install.wim /Index:2 /MountDir:C:\mountdir /readonly”. Dan kita tunggu sampai proses mount selesai dengan ditandai kata “The operation completed successfully”.




      4.      Lalu kita akan menjalankan Powershell dengan mengetikkan perintah “Powershell”.


      5.      Selanjutnya kita ketikkan perintah “Install-WindowsFeature Server-Gui-Mgmt-Infra,Server-Gui-Shell -Restart -Source C:\mountdir\windows\winsxs”. Dan kita tunggu hingga proses instalasi selesai.



      6.      Kemudian akan muncul tampilan login untuk Windows Server 2012 yang telah berubah menjadi GUI. Kita login menggunakan password yang telah kita atur sebelumnya dan kita tekan enter.



      7.      Setelah berhasil login, kita telah masuk ke tampilan utama dari Windows Server 2012 yang berbasis GUI.


Selain itu, ada satu cara lagi untuk beralih dari Server Core menjadi Server GUI menggunakan Powershell. Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut.

      1.      Masuk ke powershell dengan perintah “start powershell”.


      2.      Kemudian kita ketikkan perintah “Add-WindowsFeature Server-Gui-Shell, Server-Gui-Mgmt-Infra”.


      3.      Setelah itu tunggu hingga proses penginstallan nya berhasil.


      4.      Selanjutnya kita shutdown atau reboot OS nya dengan perintah “shutdown -r -t 0”.


      5.      Kemudian akan muncul tampilan login untuk Windows Server 2012 yang telah berubah menjadi GUI. Kita login menggunakan password yang telah kita atur sebelumnya dan kita tekan enter.




Nah sekarang tampilan Windows Server kita telah berubah menjadi Windows Server GUI. Tentu hal itu akan mempermudah kita yang tidak terlalu hafal dengan banyaknya command untuk mengkonfigurasi Windows Server. Namun, bagaimana kalau kita sudah nyaman untuk menggunakan Windows Server Core dan ingin beralih lagi menggunakan Windows Server Core? Nah tutorial tersebut akan kita bahas di post selanjutnya. Jadi see you in next post J Keep reading in my blog. Semoga semua postingan ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Apabila ada kekurangan dan sebagainya silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya.. J Karena komentar dari kalian sangat membantu untuk membuat blog ini menjadi lebih baik.

            Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

For Reader

Jangan lupa comment and share ya.. Semoga respon dari reader dapat menambah semangat penulis dan untuk membuat blog ini menjadi lebih baik lagi. Semoga materi dan postingan dalam blog ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam hangat, Tania :)

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Happy Reading All

Diberdayakan oleh Blogger.

I want to be a useful person

From Me

Berusahalah terus untuk meraih cita-citamu. Jangan pernah menyerah dan berhenti untuk berjuang. Apabila kau sedang terjatuh, kembalilah bangkit dan buktikan pada dunia bahwa kau mampu.

Sample Text

Social Icons

Followers

Social Icons